Laga Persahabatan

Gol Tunggal Gabriel Jesus Menangkan Brasil atas Jerman

  • Rabu, 28 Maret 2018 - 04:42:15 WIB | Di Baca : 1322 Kali

SeRiau - Brasil memetik kemenangan 1-0 atas Jerman dalam pertandingan persahabatan. Tampil solid, Brasil menang berkat gol dari Gabriel Jesus.

Dalam pertandingan di Olympia stadion, Berlin, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB, pelatih Jerman Joachim Loew membuat tujuh perubahan dari tim yang ia turunkan saat berimbang dengan Spanyol. Kevin Trapp dipasang di bawah mistar gawang, sementara Leon Goretzka dan Leroy Sane mendampingi Mario Gomez di lini depan.

Sementara itu, pelatih Brasil Tite tak banyak melakukan eksperimen. Dari tim yang diturunkan saat menang atas Rusia, hanya Douglas Costa yang dicoret. Sebagai gantinya, Paulinho dipasang di lini tengah.

Serangan-serangan Brasil beberapa kali mengancam gawang Jerman. Brasil juga tampil solid dalam bertahan dan menyulitkan Jerman untuk menciptakan peluang.

Gol Gabriel Jesus di babak pertama pada akhirnya menjadi pembeda. Penyerang Manchester City itu mencetak satu-satunya gol di laga tersebut untuk memberi Brasil kemenangan.

Jalannya Pertandingan

Jerman yang sedikit menguasai permainan di menit-menit awal hampir membuka keunggulan di menit kesembilan. Tendangan bebas Toni Kroos dibelokkan oleh Jerome Boateng dan mengarah ke Gomez. Namun Alisson lebih dulu menghalau bola sebelum disambar Gomez.

Gomez yang dipasang di lini depan benar-benar menjadi ujung tombak serangan Jerman. Namun beberapa kali serangan Jerman kandas karena offside.

Brasil bukan tanpa peluang. Gabriel Jesus bahkan sempat mendapat kesempatan emas untuk membawa Brasil unggul di menit ke-36 menyusul sebuah serangan balik. Tapi, meski sudah mampu mengecoh dua bek Jerman, Jesus tak mampu mengarahkan tendangannya ke gawang. Sepakannya melambung di atas mistar.

Satu menit kemudian, Jesus akhirnya benar-benar menjebol gawang Jerman. Umpan Willian dari sisi kanan ditanduk Jesus yang ada di depan gawang. Meski sempat membentur Trapp, bola tetap masuk ke gawang.

Memasuki babak kedua, Jerman yang tertinggal mencoba untuk mengambil inisiatif menyerang. Namun justru Brasil yang beberapa kali mengancam gawang Jerman.

Antonio Ruediger melakukan blok penting untuk menggagalkan tendangan Willian. Paulinho kemudian memanfaatkan bola muntah dan tendangannya memaksa Trapp melakukan penyelamatan.

Brasil kembali menebar ancaman lewat Philippe Coutinho. Tapi tendangan Coutinho dari luar kotak penalti masih sedikit di atas gawang Jerman.

Peluang bagus untuk Brasil di menit ke-68 tak mampu dimaksimalkan oleh Jesus. Dari tendangan sudut, bola coba dihalau oleh Joshua Kimmich. 

Namun bola justru mengarah ke Jesus yang ada di tiang jauh. Kendati menghadapi gawang yang kosong lantaran ditinggal Trapp yang mencoba menghalau tendangan sudut tadi, Jesus tak mampu mengarahkan tandukannya ke sasaran.

Pergantian pemain yang dilakukan Loew menghidupkan serangan Jerman. Namun mereka masih kesulitan di sepertiga akhir lapangan.

Jerman menyengat di masa injury time. Julian Draxler nyaris menjebol gawang Brasil lewat tendangannya dari muka kotak penalti. Tapi Alisson masih sigap menepis bola. Sampai laga usai, skor 1-0 untuk Brasil tetap bertahan.

Susunan Pemain

Jerman: Trapp; Kimmich, Rudiger, Boateng (Suele 68'), Plattenhardt; Kroos, Guendogan (Werner 81'); Draxler, Goretzka (Brandt 61'), Sane (Stindl 61'); Gomez (Wagner 62')

Brasil: Alisson; Alves, Silva, Miranda, Marcelo; Fernandinho, Casemiro, Paulinho; Willian, Coutinho (Couglas Costa 73'), Jesus (*JJ)



Sumber: detiknews.com





Berita Terkait

Tulis Komentar