Kalah 0-3 dari Belanda, 'Lampu Kuning' Bagi Portugal Menuju Piala Dunia

  • Selasa, 27 Maret 2018 - 12:43:41 WIB | Di Baca : 1358 Kali

SeRiau - Hasil mengejutkan terjadi di pertandingan uji coba dini hari tadi. Tim Juara Eropa 2016, Portugal, kalah telak 0-3 dari Belanda dalam laga uji coba di Stade de Geneve, Carouge, Selasa (27/3/2018).

Hasil ini tentunya menjadi "lampu kuning" bagi Portugal jelang tampil di Piala Dunia 2018. Sementara bagi Belanda yang gagal lolos ke Piala Dunia tahun ini, kemenangan ini jadi bekal untuk bangkit. Bagaimana jalannya pertandingan?


1. Gawang Portugal jebol tiga kali di babak pertama

Menghadapi Belanda, pelatih Portugal, Fernando Santos melakukan beberapa perubahan komposisi pemain dari tim yang beruji coba melawan Mesir pada 23 Maret lalu. Santos tidak memainkan beberapa pemain top nya seperti bek Bruno Alves dan winger Manchester City, Bernardo Silva serta mencadangkan Joao Mario dan Joao Moutinho. Tetapi, Cristiano Ronaldo tetap tampil sebagai starter.

Perubahan itu ternyata tidak berjalan bagus. Tanpa trio pemain tengah andalan, Ronaldo mendadak mandul. Portugal pun gagal mengimbangi permainan Belanda. Di babak pertama, gawang Portugal jebol tiga kali lewat gol-gol Memphis Depay menit ke-11, Ryan Babel menit ke 32 dan Virgil Van Dijk di akhir babak pertama seperti dikutip dari Mirror.co.uk.

2. Portugal bermain dengan 10 pemain di babak kedua

Tertinggal tiga gol, Fernando Santos melakukan perubahan di awal babak kedua dengan memasukkan tiga pemain sekaligus. Striker AC Milan, Andre Silva, gelandang Valencia, Goncalo Guedes dan bek Neto. Namun, di menit ke-61, Portugal harus bermain dengan 10 pemain setelah Joao Cancelo di kartu merah setelah mendapat kartu kuning kedua.

Santos lantas menarik keluar Cristiano Ronaldo di menit ke-68. Hingga akhir, laga, Portugal gagal mencetak gol. Kekalahan ini memutus rekor Portugal yang tidak pernah kalah dalam setahun terakhir. Kali terakhir Portugal kalah terjadi pada 29 Maret 2017 ketika mereka dikalahkan Swedia 2-3 di pertandingan persahabatan seperti dikutip dari Soccerway.com.

3. Lampu kuning menuju Piala Dunia, Portugal masih punya tiga laga uji coba

Kekalahan ini tentunya menjadi 'lampu kuning' bagi Portugal jelang tampil di Piala  Dunia 2018. Tiga hari sebelumnya, Portugal juga nyaris kalah dari Mesir. Beruntung, dua gol Ronaldo di menit-menit akhir mengungguli gol Mohamed Salah.

Setelah Belanda, Portugal masih punya tiga laga uji coba sebelum tampil di Piala Dunia. Yakni menghadapi Tunisia pada 29 Mei, bertemu Belgia pada 3 Juni dan terakhir menghadapi Aljazair pada 8 Juni mendatang. 

Uji coba melawan tim Eropa dan Afrika menjadi pilihan Portugal untuk mengenal calon lawan di Piala Dunia 2018. Portugal berada di Grup B bersama juara dunia 2010, Spanyol, tim Afrika Maroko dan tim Asia, Iran. Di pertandingan pertama, Portugal menghadapi Spanyol pada 15 Juni mendatang seperti dikutip dari Fifa.com.


sumber IDN Times





Berita Terkait

Tulis Komentar