Bikin Resah Warga, Ini Penampakan Buaya 3 Meter Saat Ditangkap

  • Selasa, 27 Maret 2018 - 10:39:45 WIB | Di Baca : 409 Kali

SeRiau - Seekor buaya yang sempat meresahkan warga di Purwodadi, Musi Rawas, Sumatera Selatan, akhirnya ditangkap. Sebelumnya, buaya jenis senyulong ini muncul di kolam milik warga.

"Buaya ini ditangkap kemarin oleh warga dan langsung diserahkan pada polsek di Purwodadi. Selanjutnya pihak polsek menerahkan pada kita untuk diamankan," kata Kepala BKSDA Sumsel, Genman P Hasibuan saat ditemui dikantornya Jalan Kolonel H. Burlian Puntikayu Palembang, Selasa (27/3/2018).

Buaya dengan nama lain tomistoma schlegelii ini sudah mulai meresahkan warga Purwodadi sejak sepekan terakhir. Terutama saat musim hujan dan air sungai pasang. Buaya akan masuk ke kebun dan kolam milik warga.

Loading...

Dikhawatirkan akan menelan korban jiwa dan memangsa ikan yang ada di kolam. Warga akhirnya ramai-ramai menangkap buaya dengan panjang 3 meter dan berat sekitar 70 Kg ini.

"Saat ini buayanya sudah kami amankan dan rencana akan dilepasliarkan kembali ke alam. Tetapi sebelum itu kami periksa dulu kesehatannya oleh dokter hewan," sambungnya.

Tidak jauh dari lokasi buaya ditangkap memang banyak daerah rawa dan anak sungai. Lokasi itu mrupakan habitat buaya jenis senyulong dengan berbagai ukuran. Buaya ini pun ukurannya lebih kecil dari buaya muara.

"Iya itu habitatnya, tapi tidak ganggu dia. Kecuali saat musim hujan dan musim air sungai pasang. Barulah buaya-buaya ini naik ke permukaan dan kolam warga," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Purwodadi Iptu Suarman mengatakan, buaya ini sempat akan dilepaskan kembali ke habitat asli di daerah tersebut. Namun warga tetap melakukan penolakan dan minta untuk dibawa oleh polisi dan BKSDA Sumsel.

"Kemarin sempat mau dilepas ke habitat aslinya, tapi warga disana gak mau dan menolak semua. Ya sudah akhirnya sore kita putuskan untuk dibawa oleh BKSDA dulu agar warga juga tidak resah," kata Suarman. 

sumber detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar