Rangsang Kecerdasan Otak Anak dengan Lagu Bertema Hewan dan Buah

  • Ahad, 25 Maret 2018 - 08:14:35 WIB | Di Baca : 450 Kali

SeRiau - Lirik lagu bernuansa hewan dan buah ternyata bisa bantu rangsang otak anak usia dini. Apalagi jika lirik lagu tersebut dijadikan pengiring gerakan motorik dasar untuk anak usia dini.

Saat melatih para peserta "Penataran TOT Tim Penggerak Germas" di Taman Rekreasi Wiladatika, Ciracas, Jakarta Timur, pelatih senam anak Titis Sensussiana menjelaskan pemilihan lirik lagu tersebut.

"Lagu berlirik hewan dan buah itu masuk kategori lagu bernuansa pendidikan karakter. Untuk iringan lagu gerak motorik dasar, kami pilih yang seperti itu. Misal, lagu yang bercerita soal monyet juga rambutan. Lagu bertema sayur-sayuran juga jadi pengiringnya," ujar Titis, Sabtu (24/3/2018)

Lirik lagu yang terdengar ceria akan menarik minat anak usia dini bergerak. Hal ini membuat anak makin senang bergerak.

Ketika guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengajarkan gerakan motorik dasar, misal melompat, anak sekaligus belajar mengenal nama-nama hewan, buah, dan sayur. Anak usia dini bisa bergerak ikuti irama lagu sambil bernyanyi.

Bantu sosialisasi

Berkat latihan gerak motorik dasar diiringi lagu bertema hewan, buah, dan sayur, anak usia dini akan terbantu bersosialisasi dengan teman-temannya.

"Anak kan harus bergerak. Jadi, saat latihan gerak motorik, ada gerakan misal berdua-dua dengan teman atau saling bergandengan tangan. Gerakan ini bantu anak bersosialisasi. Mereka bisa makin akrab," Titis menjelaskan.

Latihan gerakan pun cukup delapan menit, yang mencakup lima lagu. Waktu yang pendek itu mencegah anak tidak cepat bosan.

"Latihan tiga kali saja, anak sudah bosan. Mereka tidak bisa dipacu seharian bergerak. Yang pasti gerakan motorik dasar ini cocok buat kelompok PAUD 3 sampai 6 tahun," tutupnya. (*JJ)



Sumber: liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar