Amien Sebut Asing Kuasai 74% Lahan, Kepala BPN: Datanya Tak Ada

  • Rabu, 21 Maret 2018 - 11:35:33 WIB | Di Baca : 3326 Kali

 

SeRiau- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mempertanyakan maksud tudingan politikus senior PAN Amien Rais yang menyebut sekitar 74 persen lahan di Indonesia dikuasai oleh asing. Sofyan menyebut Amien tak mempunyai data terkait tudingan itu.

"Yang benar? Datanya nggak ada itu," kata Sofyan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).


Sofyan menjelaskan soal lahan yang dikerjakan oleh perusahaan. Dia meluruskan, bahwa perusahaan menggunakan lahan berdasarkan Hak Guna Usaha (HGU).

"Kepemilikan sertifikat itu yang kita bagikan sertifikat rakyat. Tanahnya itu ada yang cuma 50 meter, 1 hektare, 10 hektare. Kalau yang perusahaan-perusahaan itu kan HGU. Yang pertama HGU, yang kedua adalah tanah hutan tanah industri. Itu nggak asing, perusahaan-perusahaan lokal. Ada satu dua, atau mereka perusahaan publik, gitu loh," katanya.


Untuk itu, dia membantah jika mayoritas 74% lahan di Indonesia dikuasai asing.

"Nggaklah. Mayoritas, coba dilihat mana perusahaan yang menguasai tanah di Indonesia atau perkebunan asing kontrol, nggak ada gitu lho. Oleh sebab itu, datanya Pak Amien Rais, mendapatkan data, tapi mungkin sebagai politisi nggak perlu tidak mendapatkan data, itu secara umum saja. Padahal datanya nggak begitu," jelas Sofyan.


Sofyan pun mengaku bingung dengan pernyataan Amien Rais yang menyebut pembagian sertifikat adalah program ngibul. Dia meminta wartawan untuk menanyakan lebih lanjut ke Amien Rais.

"Nggak tahu, tanya Pak Amien Rais lah. Tapi kalau nggak kritik bukan Pak Amien Rais," ujarnya. (Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar