Tiga Tanda Kanker Prostat yang Tidak Boleh Diabaikan

  • Selasa, 20 Maret 2018 - 10:58:48 WIB | Di Baca : 4670 Kali


3 Tanda Kanker Prostat yang Tidak Boleh Diabaikan

SeRiau- Kanker prostat adalah kanker paling umum ketiga yang sering menyerang kaum pria. Penyakit ini dapat disembuhkan jika didiagnosis dan diobati sedini mungkin. Begitu kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain, tingkat kelangsungan hidup lebih dari 5 tahun dan bisa lebih. Namun, penakit ini bisa mengganggu kualitas hidup jika diabiarkan.

James Wysock, seorang urolog dan asisten profesor urologi di NYU Langone Health, menyatakan bahwa kanker prostat tidak memiliki gejala yang jelas pada tahap awal, jadi tes skrining mutlak diperlukan. Dan ketika ketika gejala kanker sudah sangat jelas, itu berarti penyakit telah melewati tahap yang parah.

Loading...

Dilansir dari laman giadinh.net, Berikut adalah tanda-tanda kanker prostat pada pria yang perlu diperhatikan:

1. Sulit buang air kecil

Prostat terletak di bawah kandung kemih dan uretra. Semakin tinggi prostat, semakin besar risiko pembengkakan dan membuat Anda merasa sulit buang air kecil. Namun, terkadang pembengkakan juga dipicu adanya  tumor di prostat.

"Jika Anda mengalami buang air kecil lebih lambat dari biasanya, frekuensi buang air kecil lebih tinggi dari sebelumnya, jadi waspadalah bahwa ini mungkin tanda kanker prostat," kata Dr Wysock.

2. Darah dalam air mani atau air kencing

Menurut Dr. Wysock, jika anda melihat darah saat buang air kecil atau ejakulasi, pria harus segera memeriksanya. Ini bisa menjadi gejala kanker prostat atau Anda menderita infeksi tertentu.

Banyak pria lebih cenderung memiliki pembesaran prostat saat mereka semakin tua, yang juga menyebabkan hiperplasia prostat jinak inilah yang juga bisa memicu darah saat buang air kecil. Yang terbaik adalah jika darah muncul dalam air mani atau air kencing, segera kunjungi dokter untuk mengetahui lebih jelas.

3. Punggung bawah terasa nyeri dan kaku

Jika kanker prostat menyebar ke organ internal lainnya, biasanya mempengaruhi jaringan dan tulang di dekatnya, termasuk punggung dan tulang belakang. Akibatnya, Anda sering mengalami nyeri saraf di tulang belakang, yang menyebabkan punggung Anda menjadi mati rasa. Sebagian besar fenomena ini bergantung pada di mana sel-sel kanker prostat berada.

Namun, Dr. Wysock juga menambahkan bahwa diagnosis kanker prostat hanya melalui sakit punggung tidak cukup akurat, tetapi pria tidak boleh mengabaikan satu tanda ini. ( Sumber : Vivanews.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar