21 Pulau di Karimunjawa Milik Pribadi

  • Sabtu, 17 Maret 2018 - 13:49:26 WIB | Di Baca : 179 Kali

SeRiau - Terdapat 27 pulau di kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, hanya lima pulau yang berpenghuni. Yaitu Pulau Karimun, Pula Genting, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Sisanya 22 pulau merupakan pulau tak berpenghuni.

Dari 22 pulau tak berpenghuni, sebanyak 21 pulau merupakan milik pribadi. Sisanya, satu pulau, yaitu Pulau Gundul dimanfaatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk latihan menembak.

Sekretaris Camat Karimunjawa, Nur Sholeh, menyampaikan beberapa pulau atas nama satu orang. Beberapa pulau lainnya, satu pulau dimiliki beberapa orang. 

Loading...

“Hampir semua pulau sudah milik perseorangan. Hanya Pulau Gundul,” ujar Nur Sholeh saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 17 Maret 2018. 

Nur Sholeh mengungkapkan, semula tanah di pulau-pulau kecil di kepulauan Karimunjawa milik warga Karimunjawa. Seiring berjalannya waktu, tanah di pulau-pulau tersebut dijual kepada warga luar Karimunjawa. Tanah dalam satu pulau ada yang dijual kepada satu orang. Ada pula yang dijual ke sejumlah orang.

 “Seperti Pulau Mencawakaan. Ada tanah wakaf, ada tanah milik perseorangan yang dijual ke Kura-kura Resort. Kalau melihat riwayat milik perorang Karimun, dijualpun milik perorangan. Tapi kalau melihat konteksnya secara kepulauan ya, mestinya tidak bisa (membeli pulau, red),” ungkap Nur Sholeh.

Pulau-pulau yang kini dimiliki perseorangan, ditegaskan Nur Sholeh, atasnama kepemilikan pulau tersebut milik warga negara Indonesia.

“Misalnya warga asing menikah dengan warga Indonesia, kepemilikannya atas nama yang perempuan,” kata Nur Sholeh. 

Lantaran tanah di pulau-pulau kecil sudah milik pribadi, Nur Sholeh melanjutkan, masyarakat tidak dapat keluar masuk sembarangan pulau tersebut. Contohnya di Pulau Mencawakan, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Tengah. Untuk masuk pulau tersebut harus membayar.

“Bahkan ada petugas keamanan yang menjaga. Intinya mau dibuat privat. Kabar terakhir Pulau Tengah malah namanya mau diganti Pulau Cinta,” beber Nur Sholeh.

Selain pulau, Nur Sholeh menambahkan, sejumlah titik objek wisata pantai di Pulau Karimun menempati tanah milik perseorangan. Seperti Pantai Ujunggelam dan Pantai Batu Topeng. 

sumber Metrotvnews.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar