'Krisis Diplomatik, Timnas Inggris Tetap Fokus Piala Dunia'

  • Jumat, 16 Maret 2018 - 21:39:11 WIB | Di Baca : 1226 Kali

SeRiau - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate memastikan timnya akan tetap mengikuti Piala Dunia 2018 di Rusia meskipun hubungan Inggris dan Rusia sedang mengalami krisis.

Dilansir ESPN, di tengah krisis diplomatik Inggris dan Rusia yang semakin memanas, Gareth Southgate menyatakan masih fokus mempersiapkan tim untuk Piala Dunia mendatang. 

"Hubungan Inggris dan Rusia memang hal yang serius, tapi tugas saya sebagai pelatih tim nasional Inggris adalah untuk konsentrasi pada sepak bola dan menyiapkan tim," ujar Southgate.

"Sejauh ini informasi yang dapat saya berikan, kami sedang mempersiapkan diri menuju Piala Dunia, tidak ada keraguan dengan apa yang kami lakukan tersebut."

Hubungan Inggris dan Rusia memanas seusai pembunuhan mantan agen mata-mata ganda, Sergei Skripai dan anaknya beberapa waktu lalu di Salisbury, Inggris. Skripai, 66 tahun, merupakan agen Rusia yang dituding membelot ke Inggris. Pemerintah Inggris menduga ada keterlibatan Rusia dalam insiden tersebut.

Menyusul kejadian itu, Sekretaris Luar Negeri Inggris, Boris Johnson menyarankan agar Timnas Inggris memboikot Piala Dunia 2018 di Rusia.

Desakan untuk memboikot Piala Dunia 2018 juga datang dari Perdana Menteri Inggris Theresa May yang melarang para menteri dan keluarga kerajaan untuk tidak menghadiri Piala Dunia di Rusia. Pangeran William, yang notabene Presiden Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan juga tidak akan hadir dalam Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Para menteri dan anggota kerajaan tidak akan menghadiri Piala Dunia di Rusia," ungkap Theresa May di hadapan parlemen dilansir Independent.

Keamanan Suporter Inggris

Southgate mengakui hubungan Inggris dan Rusia yang sedang memanas tersebut juga memengaruhi beberapa suporter yang memilih untuk tidak berangkat menuju Rusia. Meski demikian, ia masih percaya Inggris akan tetap mendapat dukungan para suporter di Rusia.

Ia menekankan keamanan semua orang Inggris di Rusia termasuk para suporter adalah hal yang terpenting. 

Setelah ancaman hooliganisme, kini suporter Inggris juga dihadapkan pada ancaman sentimen anti-Inggris yang sedang ramai dibicarakan di Rusia menyusul krisis diplomatik dua negara.

"Ketika kami bermain di negara lain, hal yang sangat penting adalah para pemain dan keluarganya serta para suporter merasa aman," kata Southgate.

Inggris akan menuju Rusia dengan membawa sebanyak 23 pemain. The Three Lions tergabung dalam grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. Pertandingan pertama Inggris dijadwalkan pada 18 Juni melawan Tunisia di Stadion Volgograd.

Transmedia merupakan licensed broadcaster Piala Dunia 2018. Pesta sepak bola dunia itu akan disiarkan secara langsung oleh Trans TV dan Trans7. 

Sedangkan highlight pertandingan akan disajikan di CNNIndonesia.com. 


sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar