Terungkap, Delapan Orang Kaya Pembayar Pajak Terbesar

  • Kamis, 15 Maret 2018 - 00:00:07 WIB | Di Baca : 205 Kali

SeRiau - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan penghargaan kepada 31 Wajib Pajak (WP) besar. Rinciannya, sebanyak 23 WP berbentuk badan, dan delapan lainnya merupakan individu.

Sejumlah nama yang terungkap membayar pajak paling besar sepanjang 2017 itu merupakan pengusaha dari berbagai bidang. Posisi tiga besar diduduki oleh pengusaha sektor energi Arifin Panigoro, pemilik merek Indofood Anthony Salim, dan pimpinan Trans Corp Chairul Tanjung.

Nama tenar lainnya yang masuk dalam daftar ialah Erick Thohir, Edwin Soeryadjaya, James Tjahaja Riady, Raden Eddy Kusnadi Sariaatmadja, dan Sofjan Wanandi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kriteria dari pemberian penghargaan ditentukan berdasarkan sikap kooperatif WP dengan DJP dalam melaksanakan kewajibannya. 

Pihaknya menghargai kepatuhan tersebut karena membayar pajak adalah hal yang berat. Ia mengingatkan kepada DJP agar meningkatkan pelayanannya dengan lebih profesional agar pembayar pajak semakin patuh dalam membayar pajak.

Sri menyebut 31 WP badan dan perorangan tersebut telah memberikan kontribusi sebesar Rp361,84 triliun terhadap realisasi penerimaan pajak Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar di 2017. Angka tersebut menyentuh 31 persen dari total penerimaan pajak 2017 sebesar Rp1.147 triliun. 

"Kontribusi yang diberikan dari para WP ini adalah sangat signifikan bagi keseluruhan penerimaan negara kita," ujar dia, di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar, di Kanwil DJP WP Besar, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menkeu menambahkan bahwa target penerimaan pajak Kanwil DJP Wajib Pajak Besar pada 2018 juga dipatok sebesar Rp432,37 triliun atau naik 9,54 persen dibanding tahun lalu. Ia berujar target penerimaan pajak Kanwil DJP Wajib Pajak Besar pada 2018 akan mendukung 30,33 persen target penerimaan pajak nasional, atau sebesar Rp1.424 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengatakan ke-31 WP badan dan perseorangan tersebut dipilih tanpa menggunakan pemeringkatan. Penghargaan ini pun diberikan sebagai apresiasi dan bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan kepercayaan kepada WP.

"Jadi ini murni dari kontribusi terbesar, maka kami berikan apresiasi dan penghargaan untuk meningkatkan komunikasi dan rasa saling percaya," kata Robert. 

Sebanyak 31 WP besar yang mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan adalah sebagai berikut :

WP Badan:

1. PT Adaro Indonesia
2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk 
3. PT Astra Daihatsu Motor
4. PT Bio Farma (Persero)
5. PT Bukit Asam Tbk
6. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
7. PT Bank BNI (Persero) Tbk
8. PT Bank BRI (Persero) Tbk
9. PT Bank Central Asia Tbk.
10. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk 
11. PT Honda Prospect Motor
12. PT Kaltim Prima Coal
13. PT Kideco Jaya Agung
14. PT Pertamina (Persero)
15. PT Pupuk Indonesia (Persero)
16. PT PLN (Persero)
17. PT Pama Persada Nusantara
18. PT Pegadaian (Persero)
19. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
20. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
21. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
22. PT Unilever lndonesia Tbk
23. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk


WP Orang Pribadi:

1. Arifin Panigoro
2. Anthoni Salim
3. Chairul Tanjung
4. Erick Thohir
5. Edwin Soeryadjaya
6. James Tjahaja Riady
7. Raden Eddy Kusnadi Sariaatmadja
8. Sofjan Wanandi (*JJ)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar