Tidak Minum Teh Saat Perut Kosong Sangat Dianjurkan, Ini Lho Alasannya

  • Jumat, 09 Maret 2018 - 10:49:12 WIB | Di Baca : 1837 Kali

SeRiau - Minum teh di pagi hari nampaknya menjadi kebiasan bagi banyak orang. Alasannya banyak cinta untuk memulai hari dengan secangkir teh panas. Selain itu, ada banyak penikmat teh kompulsif yang tidak bisa minum secangkir teh di pagi hari.

Tentunya, teh memiliki manfaat kesehatan tersendiri, seperti antioksidan yang ada dalam teh hitam atau katekin yang hadir dapat membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme. Namun, selain dari semua manfaat kesehatan, seperti dilansir Boldsky, teh juga memiliki risiko. Hal ini terjadi jika menikmati teh saat perut kosong. Terkejutkan?

Teh dapat mempengaruhi kesehatan karena mengandung kafein yang bisa memicu asam lambung dan menghancurkan pencernaan jika perut dalam keadaan kosong. Ada alasan mengapa sebaiknya Anda tidak minum teh saat perut kosong.

1. Mengganggu Aktivitas Metabolik

Minum teh pada saat perut kosong di pagi hari akan mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh secara teratur dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah pada tubuh.

2. Erosi Gigi Enamel

Konsumsi teh pagi hari bisa mengikis enamel gigi. Hal ini terjadi karena bakteri dalam mulut akan merusak gula yang menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut yang pada akhirnya menyebabkan erosi pada enamel di gigi.

3. Dehidrasi Tubuh

Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dari tubuh. Saat bangun pagi, tubuh sudah mengalami dehidrasi karena tidur delapan jam tanpa air. Saat Anda minum teh, bisa menyebabkan dehidrasi berlebihan yang menyebabkan kram otot.

4. Kembung

Banyak orang merasa kembung di perut saat mereka minum teh susu teh. Hal ini terjadi karena kandungan laktosa tinggi dalam susu yang dapat mempengaruhi usus kosong, di mana pada gilirannya menyebabkan sembelit dan gas.

5. Bisa Sebabkan Mual

Waktu antara malam dan pagi adalah saat perut kosong dan minum teh setelah bangun tidur bisa mempengaruhi aktivitas. Hal ini bisa menyebabkan mual dan gugup.

6. Teh Susu

Banyak menikmati minum teh susu; Namun, Anda mungkin tidak sadar bahwa minum teh susu bisa membuat Anda merasa lelah di pagi hari. Ya, minum teh susu di pagi hari bisa membuat Anda merasa rewel dan terganggu.

7. Teh Hitam

Jika Anda berpikir minum teh hitam di pagi hari akan menguntungkan, Anda salah! Teh hitam mungkin bermanfaat bagi kesehatan, tapi minum teh hitam bisa menyebabkan kembung dan bisa menurunkan nafsu makan.

8. Kafein

Kafein dikenal untuk meningkatkan energi. Namun, minum teh dengan perut kosong akan memiliki efek samping, yaitu mual, pusing dan sensasi yang tidak menyenangkan.

9. Kecemasan

Minum teh pada perut kosong akan memiliki efek buruk pada tubuh. Efek ini dapat menyebabkan kegelisahan dan masalah terkait tidur lainnya. Jika Anda berencana untuk minum teh di pagi hari, memilikinya setelah sarapan.

10. Mengurangi Penyerapan Besi

Teh hijau bisa menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara alami. Jadi, orang yang menderita anemia seharusnya tidak minum teh saat perut kosong karena bisa menurunkan tingkat penyerapan zat besi di tubuh dari sumber makanan lain. (sumber Sindonews.com) 





Berita Terkait

Tulis Komentar