Mesin Eror, Mitsubishi Siap Lakukan Kampanye Servis Xpander

  • Rabu, 07 Maret 2018 - 18:08:37 WIB | Di Baca : 3030 Kali

SeRiau - Konsumen Mitsubishi Xpander yang mendapati mesil mobilnya bermasalah akhirnya dapat kepastian kapan akan dilakukan perbaikan. 

Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjanjikan software khusus Xpander akan didistribusikan ke dealer mobil penumpang Mitsubishi pada kuartal kedua 2018 setelah mendapat rekomendasi dari prinsipal Mitsubishi.

Pada akhir 2017, putaran mesin atau rotasi per menit (RPM) Xpander, ysng kerap naik dalam kondisi idle up menjadi sorotan pemilik Xpander di Indonesia, terutama ketika menyalakan ac.

"Makanya Mitsubishi akan mengirim software yang akan didistribusikan kepada dealer mobil penumpang secara bertahap mulai kuartal kedua," kata Head of Public Relations & CSR Dept MMKSI Intan Vidiasari di Yogyakarta, Jawa Tengah, Rabu (7/3).

Menurut Intan, MMKSI tidak berdiam diri melihat kondisi kerusakan pada mobil konsumen dan kampanye servis Xpander dilakukan demi kenyamanan pemilik mobil. Dijelaskan Intan, kampanye servis dan bukan 'recall' ini merupakan kelanjutan atas banyaknya keluhan dari konsumen Xpander di Indonesia.

"Kalau sudah ada, kami akan beri tahu lagi. Sehingga konsumen yang kurang nyaman dengan kondisi itu dapat bisa ngunjungin dealer untuk meriset (program ECU) atau apa gitu," ucap Intan.

Sejauh ini pihak MMKSI belum mengetahui jumlah Xpander yang akan 'disuntik' software baru. Intan beralasan belum ada konsumen Xpander yang secara khusus melaporkan kejadian ini ke dealer Mitsubishi.

"Dan karena tidak ada komplain khusus yang masuk soal idle up. Tidak ditemukan, dan tidak semua kendaraan terjadi yang namanya idle up," imbuh Intan.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2017 atau bertepatan acara GIIAS, inden Xpander menyentuh angka 55 ribu unit. Dari angka itu, MMKSI baru memenuhi pesanan sebanyak 27 ribu unit.

Dalam kesempatan yang sama, brand ambassador Mitsubishi Indonesia sekaligus pembalap nasional Rifat Sungkar menyatakan konsumen tidak perlu khawatir bila unit Xpander yang sudah dibeli mempunyai masalah demikian.

Ia pun memastikan bahwa kasus idle up tidak bakal mempengaruhi komponen lain di dalam mesin Xpander. "100 persen tidak ada masalah sama fungsi masing-masing parts yang ada di mobil ini," ucap Rifat meyakini.

Rifat menegaskan mengenai penyebab masalah idle up pada mobil berjenis low multi purpose vehicle (LMPV) karena terdapat 'salah perintah' pada software mesin sehingga menyebabkan putaran mesin naik turun mesin pedal gas tidak diinjak.

"Jadi sebetulnya di dalam mobil ada tempratur ac yang diperintahkan sedingin mungkin, nah kadang kalau cuaca panas, mobil akan mempertahankan perintah dari temperatur ac yang diinginkan. Terkadang kalibrasi antara mesin dan kompresor ac itu lebih mementingkan temperatur ac. Sehingga ac nyala lebih lama daripada yang diinginkan," tutup Rifat. (*JJ)



Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar