KPK Telisik Perusahaan di Singapura Lewat Orang Kepercayaan Novanto

  • Selasa, 06 Maret 2018 - 20:11:46 WIB | Di Baca : 1324 Kali

 

SeRiau- KPK memeriksa Made Oka Masagung sebagai tersangka. Penyidik KPK mendalami soal perusahaan di Singapura, yang diduga milik orang kepercayaan Setya Novanto itu.

"Dalam pemeriksaan MOM (Made Oka Masagung) sebagai tersangka kasus e-KTP, penyidik melakukan pemeriksaan tahap awal dalam kapasitas MOM sebagai tersangka," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

"Selain itu mulai ditelusuri terkait keberadaan dan peran tersangka dengan perusahaan di Singapura terkait proyek e-KTP ini," ujarnya.


Made Oka sudah menjalani pemeriksaan siang tadi. Dia didampingi oleh lelaki yang mengaku sebagai pengacaranya bernama Bambang Hartono.

Made Oka memilih tutup mulut usai diperiksa. Tetapi, Bambang menuturkan kliennya baru diminta konfirmasi soal nama-nama terkait kasus ini.

"Baru nama... baru nama. Baru ditanya nama-nama saja. Belum mulai (pemeriksaan sebagai tersangka)," kata Bambang.


Made Oka diumumkan sebagai tersangka kasus e-KTP bersamaan dengan keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo pada Rabu (28/2). Peran mereka terungkap dari fakta persidangan dan bukti yang dikumpulkan KPK.

Baik Irvanto maupun Made Oka diduga melakukan perbuatan bersama-sama dengan Novanto, Anang Sugiana Sudihardjo, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Irman, Sugiharto, dkk hingga menyebabkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.


Made Oka diduga memiliki perusahaan bidang investasi di Singapura yang digunakan menampung uang untuk Novanto senilai total USB 3,8 juta. Rinciannya, lewat OEM Investment PTE LTD Singapura menerima uang USD 1,8 juta dari Biomof Mauritius dan rekening PT Delta Energi sebesar USD 2 juta. Selain itu, Made Oka merupakan perantara jatah komisi untuk anggota DPR sebesar 5 persen dari proyek e-KTP.

Sejauh ini KPK telah menetapkan 8 tersangka terkait kasus e-KTP. Sebelumnya telah ada 3 orang yang telah divonis di persidangan (Irman, Sugiharto, Andi Narogong), serta seorang lagi, yaitu Novanto, yang masih menjalani persidangan.

Sementara di tahap penyidikan, masih ada anggota DPR Markus Nari, Anang Sugiana Sudihardjo, serta Irvanto dan Made Oka. 


(Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar