Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

  • Selasa, 06 Maret 2018 - 11:29:36 WIB | Di Baca : 1565 Kali

SeRiau - Sebagai salah satu kategori barang elektronik, ponsel pintar atau smartphonepasti mengeluarkan panas karena ada gerakan listrik di dalamnya. Tapi, kamu seringkali risih dan khawatir apabila mendapati ponselmu sudah terlalu panas atauoverheat.

Lalu, ada juga ponsel yang terlalu mudah panas, padahal pemakaiannya tidak ekstrem dan biasa saja.

Apa yang menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas dan mudah panas? Bagaimana cara menghindarinya? Berikut penjelasannya.

Ponsel Cepat Panas, Kenapa?

Jika kamu bermain game yang menuntut banyak kinerja dari komponen ponsel, maka udara panas akan menyebar di dalam ponsel. Itu dikarenakan ponsel terus bekerja, terutama dalam pemakaian ekstrem seperti main game berat atau membuka banyak aplikasi sekaligus. 

Lantas, jika suhu ponsel terlalu panas maka akan menjadi masalah. Meski komponen ponsel dirancang khusus untuk menangani suhu tinggi, tapi jangan dibiarkan jika ponselmu sudah terlalu panas. 

Bila ponsel mendekati suhu yang berpotensi merusak, kecepatan prosesor akan berkurang, sehingga kecepatan operasi jadi lebih lambat atau lemot sebagai salah satu tanda overheating atau terlalu panas.

Jika perangkat kamu sering mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, seperti kerusakan pada baterai atau komponen lainnya. Hal yang sama bisa terjadi saat menjalankan aplikasi yang terlalu berat atau dalam keadaan multitasking sehingga membuat CPU bekerja lebih keras.

Selain itu, menjalankan fitur dan fungsi ekstra, seperti widget atau mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, atau apapun akan membuat ponsel butuh lebih banyak listrik dan menyebabkan panas.

Dengan begitu, kamu perlu menjauhkan ponsel dari sinar Matahari langsung. Jika kamu tidak terlalu banyak menggunakan ponsel dan masih sering mengalami overheat secara rutin, bisa jadi ada kerusakan perangkat keras pada ponselmu, dan sebaiknya kamu bawa ke tempat service center.

Apabila ponselmu mengalami masalah ini, jangan dibiarkan saja. Karena kalau tetap dibiarkan, akan membuat komponen ponsel lainnya mengalami kerusakan. Misalnya seperti mengurangi kapasitas baterai hingga memperpendek usia baterai.

Bahkan, di beberapa kasus ada ponsel yang mendapati baterainya terbakar dan meledak. Hal ini menjadi pengingat agar kita harus merawat kesehatan baterai ponsel demi menghindari kejadian serupa.

Cara Menghindari Ponsel Cepat Panas

Merawat baterai dengan baik bisa menghindari ponsel cepat panas. Jika kamu harus mengisi daya baterai dalam waktu lama, sebaiknya letakkan ponsel di permukaan yang keras dan dingin, bukan di tempat tidur atau sofa, dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Selanjutnya untuk mencegah overheating, pastikan kamu tidak bermain game terlalu lama atau terlalu sering menonton video, juga hindari membuka banyak aplikasi sekaligus yang membutuhkan banyak tenaga saat memprosesnya. Cara lainnya adalah hindari penggunaan Bluetooth dalam waktu lama, dan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi jika stabil. 

Jaringan Wi-Fi yang tidak stabil juga akan menyebabkan kinerja ponsel meningkat untuk mencari sinyal dan menyebabkan suhu ponsel menjadi panas.

Pengguna ponsel saat ini sering menggunakan pelindung berupa hard caseuntuk menghindari ponsel tergores atau rusak saat terjatuh. Namun, perlu diperhatikan juga dalam memilih pelindung tersebut, karena apabila salah hanya akan mengurung udara panas di dalam ponsel.

(sumber kumparan)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar