5 Olahraga yang Ditekuni Jokowi: Tinju hingga Futsal

  • Senin, 05 Maret 2018 - 22:05:42 WIB | Di Baca : 1828 Kali

SeRiau - Di tengah aktivitasnya yang padat, Presiden Joko Widodo tetap menyempatkan diri untuk berolahraga. Hal itu ia lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Beberapa aktivitas Jokowi itu sempat diabadikan melalui media sosial Youtube, mulai dari lari hingga tinju. 

Berikut kumparan (kumparan.com), merangkum setidaknya ada lima jenis olahraga yang dilakukan Jokowi. Apa saja? 

1. Tinju

Belum lama ini, melalui vlognya, Jokowi menunjukkan salah satu aktivitas olahraga yang baru ia geluti, yakni tinju. Dalam vlog berdurasi dua menit itu, Jokowi terlihat tengah berlatih tinju dengan Abed, seorang pelatih tinju dari Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) Bogor. 

Dengan berbagai aksi pukulan, Jokowi mengikuti instruksi dari pelatihnya tersebut. Menurut Jokowi, bermain tinju terbilang sangat berat, melelahkan dan memerlukan ketahanan fisik yang sangat tinggi. Meskipun begitu, Jokowi menilai olahraga yang satu ini sangat seru.

2. Panahan

Jokowi mulai berlatih memanah sejak dua tahun yang lalu. Jokowi bercerita, tiap akhir pekan dia selalu berlatih panahan. Sebelum latihan panahan, Jokowi selalu lari sejauh 6 sampai 7 kilometer. 

Menurut Jokowi, berlatih panahan membuatnya berlatih fokus dan konsentrasi. Berkaca dari olahraga ini, Jokowi berharap setiap kegiatan memiliki target yang jelas juga. “Yang paling penting setiap kegiatan apapun mesti harus ada target," ujarnya. 

Kelihaian Jokowi dalam memanah pun tak kalah dengan atlet profesional. Buktinya, saat mengikuti lomba panahan, angka dari setiap sesi yang diikuti Jokowi terus meningkat, hingga di akhir pertandingan skor yang dihasilkan mencapai 107. 

Aksi memanah juga dilakukan Jokowi saat hitung mundur Asian Games 2018. Sebelum menembakkan anah panah, Jokowi mengucapkan dimulai proses hitung mundur.

"Dengan mengucap bismilahirrahmanirrahim, kita sambut 365 hari menjelang Asian Games di Tahun 2018," ujar Jokowi di Monas, Jumat (18/8).

3. Sepeda 

Selain hobi membagikan-bagikan sepeda, Jokowi juga hobi bersepeda. Salah satu lokasi yang dipilih Jokowi adalah Car Free Day Jakarta. Jokowi terlihat bersepeda ditemani oleh Paspampres. 

Bahkan, karena amat menyukai aktivitas bersepeda, pada Minggu, 1 November 2015 di Car Free Day Thamrin, Jokowi rela menggowes sepedanya di saat gerimis mengguyur kawasan tersebut. 

Pada 20 Agustus 2017 yang lalu, Jokowi juga terlihat bersepeda di Car Free Day Thamrin. Mengenakan jaket merah dan helm berwarna putih, Jokowi mulai menggowes sepedanya dari Istana Merdeka menuju lokasi Car Free Day. 

4. Lari 

Pada beberapa kesempatan, Jokowi juga terlihat kerap jogging atau lari pagi. Aktivitas ini, sering ia lakukan di Istana Bogor, Jawa Barat. 

Misalnya, dalam vlog yang diunggah putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, Jokowi terlihat sedang berlari mengelilingi Kebun Raya Bogor. Mengenakan kaus putih dan celana training hitam, ia terlihat berlari ditemani oleh Kaesang. 

Pada kesempatan lain, 1 Januari 2017, Jokowi lari pagi di Kebun Raya Bogor. Dengan mengenakan jaket bomber yang sempat booming itu, Jokowi berlari dari halaman Istana Bogor menuju Kebun Raya Bogor. 

Selama berlari, Jokowi yang ditemani Paspampres itu sesekali juga menyapa warga yang sedang mengunjungi tempat wisata tersebut. Tak hanya itu, ia juga sesekali meladeni permintaan warga yang ingin berswafoto bersama. 

Hal yang sama juga dilakukan Jokowi pada 12 Maret 2017. Saat itu, Jokowi sempat membuat kaget para pengunjung Kebun Raya Bogor karena berlari di kebun itu ditemani Paspampres. 

5. Futsal

Olahraga futsal termasuk salah satu yang paling sering dilakoni Jokowi. Terakhir, mantan Gubernur DKI itu futsal menjelang Hari Pers Nasional. Jokowi mengajak sejumlah wartawan untuk bermain futsal bersama. 

"Sudah lama sekali tidak main, jadi tadi main tujuh menit terus sudah, sudah terasa, udah keluar keringatnya semua," kata Jokowi di Time Futsal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/2).

"Ya semua kalau kita ingin sehat baik dari usia anak-anak, sampai orang tua, apa pun olah raganya, kerjakan setiap minggunya minimal tiga kali. Ya jogging minimal tiga kali, badminton tiga kali seminggu. Pak menko ini seminggu tiga set, beda-beda," lanjut dia.

Selain bermain bersama para wartawan, Jokowi juga bermain dengan beberapa menteri seperti Menpora Imam Nahrawi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Seskab Pramono Anung.


sumber kumparan





Berita Terkait

Tulis Komentar