Tanggul Sungai Cisanggarung Jebol, Jalur Pantura Brebes Lumpuh

  • Jumat, 23 Februari 2018 - 22:58:11 WIB | Di Baca : 2611 Kali

SeRiau - Tanggul Sungai Cisanggarung, Brebes jebol mengakibatkan ribuan rumah di belasan desa di Kecamatan Losari Brebes terendam, Jumat, 23 Februari 2018. Jebolnya tanggul diduga karena tidak kuat menahan debit air sungai yang meningkat tajam.

Informasi yang diperoleh Tempo, desa yang terendam antara lain Desa Jatisawit, Karangsambung, Bojongsari, Babakan, Kalibuntu, Kedungneng, Randusari, Pekauman, Losari Kidul, Kecipir dan Limbangan. Adapun tanggul yang jebol berada di tiga titik yang berada di Desa Bojongsari dan Kalibuntu.

Menurut Khijin, seorang perangkat desa di Bojongsari, tanggul Cisanggarung di desanya jebol sepanjang 15 meter. Menurut dia, tanggul di titik tersebut memang sudah kritis. "Kemarin sudah ditambal ribuan karung tanah, tapi hujan semalam sangat deras, akhirnya jebol," ungkapnya.

Selain merendam ribuan rumah, luapan air sungai juga membanjiri jalur pantura losari sepanjang 1,5 kilometer. Kondisi ini membuat jalur utama di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat itu lumpuh total. Banyak kendaraan yang terpaksa berputar balik menuju Cirebon melalui jalan tol.

Luapan sungai mulai membanjiri jalur pantura pada pukul 10.00 WIB. Ini karena tanggul Sungai Kauman yang tak jauh dari Jalur Pantura juga ikut jebol. Ketinggian air di jalan raya mencapai 50 sentimeter melebihi tinggi median jalan.

Hingga berita ini ditulis, kondisi yang sama masih terjadi di jalur pantura. Antrean kendaraan mengular hingga lima kilometer. “Air tambah tinggi di jalan pantura depan SMA N 1 Losari,” kata Heri, 35 tahun, warga setempat.

Menurut dia, hingga malam ini kondisi justru semakin parah. Banjir meluas ke arah timur dari Losari sampai Ruas Tengguli Kecamatan Tanjung, Brebes. “Tapi yang parah di bagian selatan jalan raya,” kata dia.

Menurut dia, sejak sore, jalur pantura tidak bisa dilewati sama sekali. Kendaraan harus berputar melalui Tol Pejagan. Bagi sepeda motor bisa lewat jalan tol tapi diangkut dengan truk yang disediakan pihak kepolisian.(sumber TEMPO.CO)





Berita Terkait

Tulis Komentar