Survei Alvara: Jokowi, Prabowo dan JK Calon Presiden Paling Populer

  • Jumat, 23 Februari 2018 - 21:01:30 WIB | Di Baca : 216 Kali

SeRiau - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto masih jadi sosok calon presiden terpopuler dengan tingkat popularitas tertinggi dibanding tokoh lain yang potensial maju di Pilpres 2019. Demikian hasil survei Alvara Research Center.

Dalam jajak pendapat dilakukan Alvara, popularitas Jokowi dilaporkan mencapai 98% dengan top of mind di angka 56,4%. Disusul Prabowo Subianto dengan tingkat popularitas 94,8%, top of mind 29,9%.

"Pada posisi ketiga diisi Jusuf Kalla 73,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 71,9% dan Anies Baswedan 64,9%," kata Founder and CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali saat merilis hasil survei bertajuk 'Mencari Pendamping Jokowi: Muslim, Militer, atau Muda?' di Hotel Oria, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2018).

Loading...

Hasan mengatakan, survei yang dilakukan pihaknya juga menemui hasil yang menyatakan bahwa Jokowi merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat. "Di mata publik, Jokowi juga peduli dengan rakyat, bebas korupsi dan juga jujur," ungkapnya.

Sementara, Prabowo di mata rakyat merupakan pemimpin yang tegas, nasionalis, dan berwibawa. "Sementara citra itu juga dimiliki oleh Gatot Nurmantyo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok," ujar Hasan.

Dalam survei, Hasanuddin menyebutkan, pihaknya juga menanyakan apakah responden menginginkan Jokowi kembali memimpin pada periode 2019-2024?

“Hasilnya menunjukkan 68,4% public menginginkan Joko Widodo memimpin kembali dan sisanya 31,8% tidak menginginkan Joko Widodo memimpin kembali,” ujarnya.

Harapan tersebut tertinggi muncul dari responden di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Untuk capres alternative selain nama-nama di atas, Alvara Research Center merilis bahwa tokoh tersebut salah satunya merupakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Agus Harimurti Yudhoyono. "Cak Imin dicitrakan pemimpin religius, dari kalangan santri dan mewakili umat Islam. Selanjutnya Agus merupakan toko muda," terang Hasan.

Berdasarkan survei Alvara Research Center ‎terdapat 15 calon potensial yang akan maju sebagai Capres di Pilpres 2019. Mereka adalah Jokowi 56,4%, Prabowo Subianto 29,9%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,6%, Gatot Nurmantyo 1,5%, dan Hary Tanoesoedibjo 1,3%.

Nama lainnya yang berpotensi maju adalah Muhaimin Iskandar 1,2%, Anis Baswedan 1,1%, Jusuf Kalla 1,0%, Ridwan Kamil 0,9%, Basuki Tjahaja Purnama 0,7%, Habib Rizieq Sihab 0,5%, Surya Paloh 0,4%, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang 0,4%, dan Zulkifli Hasan 0,2%.

Survei nasional Alvara ‎melibatkan 2.203 responden terpilih yang dilaksanakan di seluruh provinsi pada 17 Januari hingga 7 Februari 2018. Survei menggunakan pendekatan kuantitatif melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner.

Metode sampling yang digunakan dalam riset ini adalah multi-stage randam sampling, dengan margin of error sebesar 2%, pada tingkat kepercayaan 95%. Responden seimbang anatara laki-laki 50,4% dan perempuan 49,6%, serta mayoritas dari generasi milenial 50,5%.

 

 

 

sumber Okezone




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar