Sinabung Meletus Dahsyat, Warga Diimbau Jauhi Zona Merah

  • Senin, 19 Februari 2018 - 11:12:26 WIB | Di Baca : 192 Kali

SeRiau - Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pagi tadi. Erupsi berketinggian hingga 5 ribu meter itu terjadi sekitar pukul 08.54 WIB. Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi yang dialami Sinabung juga menimbulkan luncuran awan panas sejauh 4,9 kilometer ke arah tenggara-selatan dan 3,9 kilometer ke arah timur-tenggara. 

"Atas kondisi tersebut, Armen menghimbau kepada warga untuk menjauhi zona merah Sinabung,"kata Armen, Senin (19/2/2018). 

Armen lebih lanjut mengatakan, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat yang berada di daerah aliran sungai Laborus, yang mengalir di sekitar lembah Sinabung, untuk mewaspadai terjadinya banjir lahar dingin. Khususnya saat hujan membasahi kawasan tersebut.

Loading...

"Gunung Sinabung karena masih terus berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi,"tukasnya. 

Sementara itu, selain mengeluarkan material vulkanik. Pada saat erupsi juga terjadi gempa selama 607 detik. Sementara, kondisi puncak Sinabung masih tertutup abu. "Secara visual kita tidak bisa pantau karena tertutup abu. Saat ini arah angin mengarah ke barat dan selatan," tandasnya.

 

 

sumber Okezone.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar