Ferdinand: Ronaldo Belajar Penalti Aneh sejak di Manchester United

  • Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:25:59 WIB | Di Baca : 1572 Kali

SeRiau – Pesepakbola legenda asal Inggris, Rio Ferdinand, menilai Cristiano Ronaldo belajar mengeksekusi penalti aneh sewaktu membela Manchester United. Ferdy –sapaan akrab Ferdinand– ingat betul dengan gaya penalti Ronaldo usai melihat kapten Tim Nasional (Timnas) Portugal itu mengeksekusi sepakan 12 pas saat Real Madrid mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) 3-1 di leg I 16 besar Liga Champions 2017-2018, Jumat (16/2/2018) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Los Blancos –julukan Madrid– mendapatkan penalti di pengujung babak pertama. Penalti didapat setelah gelandang Madrid, Toni Kroos, dijatuhkan Giovani Lo Celso di kotak terlarang. Saat itu, Madrid dalam kondisi tertinggal 0-1.

Ronaldo yang ditunjuk menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan mendatar Ronaldo yang diarahkan ke arah kiri gawang melewati kiper PSG, Alphonse Areola. Menjadi aneh karena bola sebelum ditendang sempat melayang sendiri. Seakan-akan Ronaldo menendang sepakan first time yang kemudian bola pun meluncur deras ke gawang PSG. Skor berubah 1-1. Singkat kata, Madrid menang 3-1 lewat dua gol tambahan dari Ronaldo dan Marcelo Vieira.

Sepanjang kariernya, Ronaldo berkesempatan 121 kali mengeksekusi penalti. Hasilnya, 102 di antaranya berbuah gol. Sementara 19 lainnya gagal menghasilkan gol. Dari 19 penalti yang gagal, hanya tiga kali yang dibuat Ronaldo bersama Man United.

“Ronaldo sering melepaskan penalti seperti itu di sesi latihan. Saya ingat betul ia sering melakukan itu. Saya tahu itu penalti yang gila dan ia sering melakukan itu,” kata Ferdinand mengutip dari BT Sport, Jumat (16/2/2018).

Kombinasi Ferdinand-Ronaldo di Man United berlangsung dalam kurun 2003-2009. Dalam periode tersebut, keduanya bahu-membahu memberikan sembilan trofi bagi Man United. Pencapaian terbaik tentu tersaji pada 2007-2008. Selain menjadi yang terbaik di Liga Inggris, Man United juga keluar sebagai raja di Liga Champions usai menundukkan Chelsea via adu penalti.

Sementara itu di level individu, Ronaldo turun di 291 pertandingan bersama Man United dengan koleksi 118 gol dan 61 assist. Pencapaian individu terbaik Ronaldo bersama Man United ialah menyabet trofi Ballon d’Or 2008. Saat ini, trofi Ballon d’Or Ronaldo sudah menyentuh angka lima dan bersanding dengan sang rival abadi, Lionel Messi.

 

 

 

 

sumber okezone
 





Berita Terkait

Tulis Komentar