Wah, Ternyata Menertawakan Diri Sendiri Bisa Menyehatkan Pikiran!

  • Selasa, 13 Februari 2018 - 08:51:35 WIB | Di Baca : 1426 Kali

SeRiau - Saat momen tertentu, pernahkah Anda melemparkan candaan tentang diri sendiri untuk menarik perhatian orang lain? Mungkin tak semua orang bisa merespons balik momen tersebut dengan tawaan. Tapi beruntunglah bagi orang-orang yang humoris, karena sesekali menertawakan diri sendiri ternyata baik bagi kesehatan mental.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa orang yang sering membuat lelucon tentang diri mereka untuk mendapat perhatian orang lain ternyata memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi.

Meskipun bertentangan dengan beberapa penelitian terdahulu. Namun, saat ini, sebagian besar literatur penelitian justru menyarankan untuk membuat candaan diri sendiri yang bisa mengalahkan efek psikologis negatif di antara individu-individu.

"Secara khusus, kami telah mengamati bahwa humor terhadap diri sendiri merupakan indikasi nilai kesejahteraan psikologis seperti kebahagiaan dan keramahan," kata Jorge Torres Marin dari Universitas Granada di Spanyol, seperti dikutip dari Indian Express.

Marin mengatakan, penelitian sebelumnya memang menyebutkan bahwa menertawakan diri sendiri demi menarik perhatian orang lain terkait dengan rendahnya kepercayaan diri dan lemahnya psikologi seseorang. Namun, menurutnya hal tersebut dikarenakan perbedaan tempat penelitian dan responden.

"Penelitian kami sesuai dengan salah satu model teoretis yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan dan memberikan psikologi humor dengan pengetahuan yang mapan dan akurat," kata peneliti lain, Hugo Carretero Dios, dari universitas yang sama.

Meski demikian, para periset juga menunjukkan bahwa gaya humor tertentu bisa digunakan untuk menyembunyikan maksud serta perasaan negatif.*#

Sumber: detikhealth





Berita Terkait

Tulis Komentar