Drummer Mr. Big Pat Torpey Meninggal Dunia

  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:09:00 WIB | Di Baca : 391 Kali

SeRiau - Artis musik Pat Torpey, yang dikenal sebagai drummer band Mr. Big, meningal dunia, Rabu (7/2/2018).

Melalui akun Facebook-nya, Mr. Big mengumumkan kematian Torpey.

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengabarkan bahwa saudara, sahabat, drummer, dan pendiri kami, Pat, meninggal dunia pada Rabu, 7 Februari, akibat komplikasi penyakit Parkinson," Mr. Big menulis pada akun Facebook-nya, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (9/2/2018).

Pat Torpey mengumumkan ia menderita Parkinson pada 25 Juli 2014. Karena itu ia menarik diri dari tur Mr. Big. Posisinya digantikan Matt Starr.

Dilahirkan di Cleveland pada 14 Desember 1953, Torpey mulai bemain drum sejak berusia tujuh tahun.  Ia pindah ke ke Los Angeles pada 1983. Di kota itu, ia berhasil menjalin jejaring dan bermain drum untuk American Bandstand dan Solid Gold.

Ia juga pernah menjadi drummer untuk konser-konser Tina Turner, Belinda Carlisle, lalu bergabung dengan Knack.

Permainan drum menarik perhatian Paul Gilbert dan Billy Sheehan, yang ingin membentuk grup baru dengan vokalis Eric Martin. Dari situlah Mr. Big terbentuk.

Ketika Mr. Big menyiapkan album perdana, Torpey diminta menjadi drummer Robert Plant untuk tur Zen-nnya.

Mr. Big merilis album perdana dengan nama sama pada 1989. Namun baru album kedua, Lean Into It, yang dirilis pada 1991, berhasil melambungkan Mr. Big ke popularitas.

Album itu berhasil menduduki peringkat 15 Billboard 200 Album dan berhasil mendapatkan platinum. Album itu melahirkan lagu yang sangat populer, "To Be With You".

Pada tahun 1997, Gilbert meninggalkan Mr. Big dan digantikan oleh Richie Kotzen. Namun band itu bubar pada 2001, setelah tur Actual Size.

Mr. Big dengan formasi asli berkumpul lagi pada 2009 dan menghasilkan album What If.... (2011) dan The Stories We Could Tell (2014).

Ketika album The Stories We Could Tell diriliis, Torpey baru didiagnosis menderita Parkinson.

Setelah album itu, posisinya pada drum digantikan Matt Starr, sedangkan Torpey lebih aktif di balik panggung. Pada album Defying Graviti (2017), Pat Torpey disebut sebagai "drum producer". (*JJ)



Sumber: Kompas




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar