Kentut Bisa Bakar Lemak, Hoax atau Fakta?

  • Senin, 05 Februari 2018 - 16:15:43 WIB | Di Baca : 188 Kali

 


SeRiau-Tak dapat disangkal jika 'kentut' bisa membuat bahagia. Rasa bahagia itu berwujud lega, apalagi setelah sekian lama menahan perut yang kembung.

Namun baru-baru ini beredar di media sosial bahwa 'kentut' tak hanya memunculkan perasaan lega, namun juga bisa membakar kalori, benarkah?

Loading...


Sebuah halaman Facebook bernama FACT pernah memposting risetnya mengenai kentur. Dalam potingan tersebut dikatakan bahwa semburan saat kentut dapat membakar kalori hingga 67 kilo kalori, yang artinya sama seperti kalori yang dibakar saat Anda melakukan gerakan Stroll atau burpees selama 6 menit. 

Banyak warganet yang lantas bergembira mendengar riset tersebut. Itu artinya mereka yang ingin 'kurus' tidaklah perlu capek-capek berolahraga. Namun jangan senang dulu, benarkah kentut bisa membakar kalori?

Psikiatri Geriatri Keluarga, dan diplomat di American Board of Obesity Medicine, Spencer Nadolsky, D.O., menjawab bahwa rumor yang beredar tidaklah benar.

 

Penulis buku 'The Fat Loss Prescription' ini juga menyebutkan bahwa rata-rata orang mengeluarkan 0,5 sampai 1,5 liter gas lewat kentut dari pencernaan mereka.

"Disadari atau tidak, setiap orang mampu kentut hingga 20 kali sehari. Namun jika kentut lebih banyak dari angka tersebut pun masih bisa dibilang wajar," ujarnya dilansir dari laman Womanshealth.

Jadi, jika dikatakan setiap orang bisa kehilangan 67 kalori setiap kali kentut, bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang terbuang dalam sehari? Mencapai 1340 kalori. Apakah itu mungkin?

"Menurut saya itu jelas konyol," ujar Matthew R. Pittman, M.D., medical director of the weight management and bariatric surgery program di Northwestern Medicine Delnor Hospital.

Menurutnya Anda tidak bisa sengaja kentut untuk membuat tubuh Anda kurus.

"Kentut tidak bisa dijadikan alat untuk menurunkan berat badan Anda, apalagi jika Anda mengganti kegiatan olahraga Anda dengan kentut."

Dan jika Anda mengira, keras atau pelannya bunyi kentut sebagai ukuran banyak atau sedikitnya jumlah kalori yang terbuang, itu salah besar.

"Keras atau pelan bunyi kentut Anda tidak membedakan, semua kentut adalah nitrogen, hydrogen, methane, oxygen dan air," ujar Nadolsky.

Kabar baiknya, kentut bisa membuat Anda terlihat kurus

Ya, itulah kabar baiknya. Selain membuat Anda lebih lega, ternyata kentut bisa membuat Anda tampak langsing.

"Mudahnya, jika Anda merasa kembung karena perut Anda penuh gas, tentunya dengan kentut perus kembung Anda menjadi lebih terlihat kempes," ujar Nadolsky.

Jika banyak gas yang terjebak, lebih lanjur Nadolsky menyebut bahwa itu sebabnya kentut yang 'bagus' mampu membuat perut Anda lebih ramping.

"Kalau Anda kembung dan perlu kentut, lakukanlah, mungkin tidak membakar kalori, tapi pasti akan membuat Anda merasa lebih baik." Ujarnya.( Sumber : Vivanews.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar