BPBD: Bendung Katulampa Siaga 1, Jakarta Waspada Banjir

  • Senin, 05 Februari 2018 - 12:11:55 WIB | Di Baca : 1293 Kali

Jakarta, SeRiau - Bendung Katulampa, Bogor, Siaga 1 pagi ini. Dikutip dari siaran twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada pukul 08.30 WIB ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 220 cm.

Atas dasar itu, BPBD DKI Jakarta pun menyiarkan peringatan dini, "waspada banjir kiriman di bantaran kali Ciliwung".

“Kami sudah sebarkan peringatan ini, juga SMSblast (ke masyarakat di wilayah-wilayah DKI waspada banjir),” ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Jupan Royter, Senin (5/1).

Lebih lanjut, Jupan berharap situasi di Katulampa itu tak berujung banjir di wilayah-wilayah bantaran kali Ciliwung di Jakarta dan sekitarnya.

“Kalau saluran lancar, dan intensitas hujan di sini pun ringan tak banyak, kita tentu berharapnya tak terjadi banjir,” kata Jupan.

Berdasarkan perhitungan rata-rata, Jupan mengatakan pihaknya memperkirakan limpahan air dari Katulampa hingga Pintu Air, Manggarai, Jakarta sekitar enam sampai sembilan jam.

Sementara itu, di Bendung Katulampa itu ketinggiannya meningkat drastis dari pukul 08.00-08.30. Dalam info Sistem Peringatan Bencana (DWS) BPBD DKI Jakarta disebutkan pada pukul 08.00 WIB ketinggian air di Bendung Katulampa adalah 180cm (Siaga II).


(Val/Sumber: CNN Indonesia)





Berita Terkait

Tulis Komentar