Catat Ya, Ini 5 Pertanyaan yang Sebaiknya Tidak Dilontarkan Saat Interview Kerja

  • Jumat, 02 Februari 2018 - 23:34:19 WIB | Di Baca : 335 Kali

SeRiau - Bertanya boleh, tapi kalau sampai salah bertanya, bisa-bisa langkah Anda hanya tertahan saat wawancara pertama saja. Biasanya, setelah mengulik-ngulik mengenai Anda, tim HRD ataupun userakan memberikan kesempatan untuk Anda untuk balik mengajukan pertanyaan. Agar nggak zonk dan interviewer tidak meng-cutAnda ke tahap selanjutnya, sebaiknya jangan pernah mengajukan 5 pertanyaan ini saat interview kerja ya!

1. “Perusahaan Ini Sebenarnya Bergerak di Bidang Apa?


Memang sih, perusahaan dengan senang hati menjelaskan lingkup pekerjaannya kepada kandidat. Namun… jangan sampai Anda yang memulai penjelasan tersebut dengan pertanyaan. Anda akan terkesan tidak tahu sama sekali mengenai perusahaan yang Anda lamar dan perusahaan akan menyangka Anda asal mengirimkan lamaran saja. Perusahaan tidak hanya mencari orang yang ahli di bidang tertentu saja, tetapi juga mereka yang memiliki passion pada perusahaannya.

Loading...


2. Selain Posisi Ini, Ada Posisi Lain yang Available?


Terbuka untuk segala kemungkinan memang tidak ada salahnya, namanya juga usaha. Namun, perlu diingat, Anda dipanggil untuk interview kerja pada satu posisi tertentu. Kedatangan Anda adalah demi membuktikan kalau Anda memang layak untuk posisi tersebut. Lantas, kenapa menanyakan posisi available yang lain? Pertanyaan ini hanya akan melemahkan posisi Anda di hadapan pewawancara.

3. Saya Boleh Ambil Cuti 1-2 Bulan di Sini?

Belum diterima, eh sudah menanyakan jatah cuti. Mana minta jatah cutinya nggak tanggung-tanggung sampai sebulan. Whaaaat? Kalau Anda yang punya perusahaan, pasti sebal juga dengan pertanyaan seperti ini. Sangat tidak profesional! Ibaratnya, belum menyelesaikan tanggung jawab, sudah keburu minta haknya.


4. Ada Berapa Banyak Kandidat yang Melamar ke Perusahaan Ini?

Pastilah perusahaan punya kandidat-kandidat yang lain untuk mengisi posisi yang Anda lamar, tapi itu bukan urusan Anda. Keperluan Anda di sini adalah membuktikan kalau Anda memang yang terbaik dari yang lain. Kalau Anda memang berbobot, seberapa banyak orang yang melamar ke perusahaan tersebut, pasti perusahaan akan tetap melirik Anda.

5. Apakah Anda Akan Menghubungi Perusahaan Lama Saya?

Hindari memberi ide pada perusahaan untuk menghubungi kantor lama lewat pertanyaan Anda ini. Pertanyaan ini menyiratkan ada sesuatu yang tidak beres antara Anda dan perusahaan lama. Kalaupun misalnya memang perusahaan mau mengontak kantor lama, Anda tidak akan bisa menahannya kan? Biarkan mereka melakukan prosedur penerimaan karyawan dan Anda melakukan bagian Anda dengan maksimal.

 

 


sumber : Beauty Journal 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar