Pemburu Beasiswa? Kamu Wajib Baca 7 Tips Beasiswa Ini!

  • Jumat, 02 Februari 2018 - 23:18:53 WIB | Di Baca : 3165 Kali

SeRiau - Beasiswa tidak dipungkiri lagi merupakan hal yang sangat dinanti dan diminati oleh kamu-kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apakah itu S1, S2 maupun S3. Namun karena mahalnya biaya pendidikan, tak jarang banyak orang mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikannya.

Tapi jangan takut dan sedih, sekarang ini banyak sekali beasiswa-beasiswa dari pemerintah maupun swasta yang dapat membantu impian kalian. Baik untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, karena peminatnya sangat banyak dan persyaratannya juga bermacam-macam, maka perlu kiat tertentu supaya kita bisa mendapatkan beasiswa yang kita idamkan tersebut. Apa saja kiat-kiatnya?


1. Tentukan target

Menentukan target beasiswa apa yang akan kita bidik dengan jurusan yang akan kita ambil untuk kuliah sama pentingnya. Kita bisa mencari tahu dari internet ataupun bertanya-tanya pada guru atau Dosen. Sehingga sudah dari jauh hari kita tahu apa yang mesti kita persiapkan. Apakah itu mental kita, ataupun persyaratan sulit seperti minimal IPK dan IELTS ataupun TOEFL.

 

2. Persiapkan dari jauh hari


Jika kamu saat ini siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan maupun mahasiswa dan ingin melanjutkan dengan beasiswa untuk S1 ataupun S2, mulai dari awal-awal sekolah/kuliah kamu harus mempersiapkan diri. Perbaiki nilai-nilai pelajaran atau IPK kamu, ikuti kegiatan sekolah/kampus yang berhubungan dengan kepemimpinan, apakah itu OSIS atau BEM, ataupun jika kamu tidak tertarik dengan organisasi tersebut, kamu bisa bergabung dengan organisasi lain dengan catatan : kamu harus menjadi anggota yang berprestasi, dan  ikut andil dalam membawa harum nama organisasi, sekolah dan kampus kamu. Ini penting, karena tidak jarang dalam persyaratan beasiswa, poin dalam berorganisasi menjadi faktor yang bisa menentukan selain dari nilai raport dan IPK kamu.

 

3. Dekati guru dan dosen kamu


Semakin dekat kamu dengan guru/dosenmu, semakin banyak informasi-informasi penting yang bisa kamu dapatkan. Apakah itu informasi universitas-universitas unggulan ataupun yang berkaitan dengan beasiswa, misalkan saran beasiswa apa yang sebaiknya kamu ambil, lembaga dan perusahaan yang sedang membuka beasiswa, atau kemudahan saat beliau memberikan surat rekomendasi yang dibutuhkan dalam persyaratan beasiswa.

Selain itu bila kamu sudah dipercayai oleh dosen, beliau akan mempertimbangkan dirimu menjadi asisten, dan mengajakmu dalam proyek-proyek yang beliau kerjakan. Semuanya ini akan menguntungkanmu dikemudian hari. Jadi, tak ada salahnya dekat dengan para pengajar kita, bukan?

 

4. Perbaiki bahasa Inggris-mu


Meskipun tidak semua beasiswa mensyaratkan nilai yang baik dalam TOEFL atau IELTS, tapi kebanyakan beasiswa mensyaratkan minimal skor tertentu baik untuk kuliah didalam negeri maupun diluar negeri. Sekarang ini jasa kursus bahasa Inggris sudah banyak bermunculan di berbagai daerah, terutama kota-kota besar.

Namun, meskipun kamu dari daerah pinggiran atau pedesaan, jangan dulu berkecil hati. Di mana ada niat, selalu ada jalan. Kamu bisa meminta guru atau dosenmu memberikan tambahan pelajaran bahasa Inggris diluar jam sekolah atau kuliah, atau kamu bisa belajar secara mandiri melalui YouTube, aplikasi gratisan di Google Play dan Internet. Satu hal yang patut di garis bawahi adalah kelemahan kita terletak dalam mendengar (Listening) dan menulis (Writing). Oleh karena itu sering-seringlah kamu mendengar percakapan dalam bahasa Inggris, baik dari film ataupun lagu-lagu, dan membaca artikel-artikel luar.


5. Persiapkan diri untuk sesi wawancara

Wawancara bagi sebagian orang bisa menjadi momok yang menakutkan. Karena disaat itulah kita berhadapan langsung dengan pemberi tes. Saat kita ditanyai, mereka ingin mengetahui kapasitas kita baik secara akademis, non akademis, bahasa tubuh, dan cara kita berkomunikasi. Maka latihlah berbicara dimuka umum, perbanyak membaca dan mempelajari isu-isu yang sedang hangat-hangatnya didalam maupun diluar negeri. Kita tidak tahu pertanyaan seperti apa yang akan mereka lontarkan. Dan saat kita bisa menjawab pertanyaan mereka dengan penuh percaya diri, itu akan menjadi poin tersendiri.

6. Mental

Ini penting. Betapapun kamu termasuk orang yang berprestasi dengan nilai raport/IPK besar, aktif di organisasi dan dekat dengan Guru/Dosen, jika baru satu kali kamu mengajukan beasiswa lalu ditolak/ kamu tidak lolos, kemudian membuatmu depresi, frustasi lalu mengurungkan niat, usaha kamu tidak akan berhasil.

Kita harus paham bahwa peminat beasiswa itu banyak sekali, dan banyak pula dengan kemampuan diatas kita. Maka sekalipun kamu gagal, kamu HARUS terus gigih berjuang dan mencoba. Kamu HARUS menguatkan mentalmu. Percaya bahwa setiap kegagalan merupakan sukses yang tertunda, dan suatu saat impianmu untuk kuliah di universitas impian bisa terwujud. Jadi jangan menyerah!

 

7. Selalu berdoa dan meminta restu orang tua

Apapun agamamu, kita yakin Tuhan adalah pemberi keputusan terbaik. Maka perbanyaklah usaha dan doa. Mintalah restu dari kedua orang tuamu. Doa orang tua ikut andil dalam kesuksesan anak-anaknya. Begitupula saat kamu berkeinginan untuk kuliah dengan beasiswa, segera utarakan impianmu pada mereka. Mereka akan ikut senang dan 100% mendukungmu.

Nah ini 7 tips beasiswa yang bisa kamu ikuti. Jangan ragu ya untuk coba mencari beasiswa tahun ini!

 

 

 


sumber SHOPBACK





Berita Terkait

Tulis Komentar