Puncak Gunung Talang di Sumatra Barat Terbakar Hebat

  • Kamis, 01 Februari 2018 - 18:21:41 WIB | Di Baca : 57 Kali

 


Pekanbaru, SeRiau- Kawasan hutan di puncak Gunung Api Talang di Kabupaten Solok, Sumatra Barat, terbakar pada Kamis 1 Februari 2018. Titik api terus menyebar hingga ke kawasan hutan lindung Gunung Talang.

Menurut Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Talang, Sepriyus, laporan kebakaran itu diterimanya dari masyarakat sekira pukul sembilan pagi. Tak lama setelah mendapatkan laporan itu, tim segera memantau.

Loading...


"Berdasarkan pengamatan kita, titik awal api di kawasan puncak. Sekarang Sudah menyebar ke bagian lereng selatan dan timur Gunung Talang," kata Sepriyus.

Warga yang tinggal di sekitar kaki Gunung Talang awalnya mengira asap itu diakibatkan aktivitas vulkanik Gunung Talang, karena gunung itu termasuk salah satu gunung api aktif di Sumatra Barat. Namun setelah diamati, dipastikan kepulan asap diakibatkan kebakaran lahan.

Untuk antisipasi agar sebaran titik api dapat dihentikan, Sepriyus mengatakan, aparatnya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok.

Gunung Talang adalah salah satu gunung api di Sumatra Barat yang masih aktif. Gunung setinggi 2.957 meter di atas permukaan laut itu juga menjadi pilihan wisata petualangan bagi pegiat dan pencinta alam. Hampir setiap hari libur, kawasan puncak Gunung Talang dikunjungi para pendaki. (Sumber : Vivanews.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar