Lalui Tahun Berat, WhatsApp Tembus 1,5 Miliar Pengguna

  • Kamis, 01 Februari 2018 - 12:08:43 WIB | Di Baca : 159 Kali

 


Pekanbaru, SeRiau- Aplikasi perpesanan WhatsApp makin berkembang. Pengguna aktif bulanan WhatsApp kini sudah mencapai 1,5 miliar pengguna, naik 500 juta pengguna aktif bulanan dibanding pada Juli lalu. Enam bulan lalu, jumlah pengguna aktif bulanan WhatsApp yaitu 1 miliar pengguna. Pencapaian itu dilalui dalam tahun berat pada 2017.

Dari keterangan tertulis dari Facebook, Kamis 1 Februari 2018, dari 1,5 miliar pengguna aktif bulanan tersebut, lebih dari 60 juta pesan terkirim tiap harinya. 

Loading...


Pertambahan tersebut terjadi di antara pengguna reguler dan bisnis. Karena alasan pertumbuhan pengguna yang memakai WhatsApp untuk bisnis, maka aplikasi tersebut kemudian meluncurkan WhatsApp Bisnis, aplikasi yang didesain secara khusus bagi bisnis kecil dan menengah untuk terhubung dengan konsumen yang ingin dijangkau.

Pertumbuhan pengguna WhatsApp memang sangat dinamis. Saat diakuisisi Facebook pada 2014 dengan nilai lebih dari US$19 miliar, saat itu jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi perpesanan itu 450 juta dan 315 juta pengguna aktif harian.

Tren positif pada WhatsApp juga terjadi pada Facebook. Semakin banyak pengguna yang mengakses situs jejaring sosial populer itu. 

Berdasarkan laporan pendapatan Facebook kuartal keempat 2017, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook per 31 Desember 2017 yakni 2,1 miliar, naik 14 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Sementara pengguna aktif harian Facebook rata-rata 1,4 miliar orang, naik 14 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. 

Menanggapi pencapaian pertumbuhan pengguna Facebook dan WhatsApp, Chief Executive Officer Facebook, Mark Zuckerberg mengaku bersyukur, apalagi pencapaian itu dilalui dalam tahun yang sulit. 

"2017 merupakan tahun yang luar biasa bagi Facebook, tapi juga merupakan tahun yang berat. Pada 2018 ini, kami berfokus untuk memastikan Facebook tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan orang dan juga masyarakat," ujar Zuckerberg. 

 

Pendiri Facebook itu menegaskan, inovasi yang dihadirkan bertujuan mendorong hubungan yang lebih bermakna antarpengguna, bukan sekadar konsumsi pasif konten. 

Selanjutnya, pada akhir kuartal tahun lalu, Zuckerberg menuturkan, Facebook telah membuat perubahan dalam menampilkan lebih sedikit video viral, dengan maksud agar pengguna bisa menghabiskan waktu terbaiknya di Facebook. 

"Secara total, perubahan yang kami lakukan telah mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook hingga lebih dari 50 juta jam per hari. Dengan berfokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan semakin kuat untuk jangka waktu yang lebih panjang," katanya. ( Sumber : Vivanews.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar