Gelandangan dan Pengemis Kian Menjamur di Pekanbaru

Marlis Kasim : Pemko Harus Cari Anggaran Bangun Rumah Singgah Permanen

  • Senin, 04 Desember 2017 - 01:21:30 WIB | Di Baca : 41 Kali

 

 

 

 


Pekanbaru, SeRiau- Keberadaan gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kota Pekanbaru dipastikan jumlahnya kian menjamur. Untuk mengatasi hal tersebut, penertiban saja dinilai tidak cukup, melainkan harus dilakukan pembinaan agar tidak ada lagi yang turun ke jalan. Namun tentunya harus ada fasilitas penunjang untuk melakukan pembinaan,  diantaranya rumah singgah. 


Untuk itu Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) harus mencari dana alternatif seperti mengajukan proposal ke tingkat provinsi untuk bantuan pembangunan rumah singgah tersebut. Karena jika mengharapkan APBD Kota Pekanbaru belum tentu terealisasi, mengigat minimnya anggaran yang ada.

Demikian disampaikan oleh anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Marlis Khasim.

"Rumah singgah di Kecamatan Rumbai sebenarnya sudah ada diwacanakan pembangunannya oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Namun tidak bisa dikerjakan karena terkendala anggaran. 


Makanya Dinsos harus cari alternatif lain seperti berkoordinasi dengan Pemrov terkait bantuan dana pembangunan rumah singgah ini, " ungkap Marlis Khasim,  Minggu (3/12/2017).


Menurut Politisi PKB ini lagi, keberadaan rumah singgah ini sangat banyak manfaatnya, diantaranya untuk membina para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

 Tetapi kembali lagi kepada niat dan keseriusan Pemko itu sendiri dalam mengatasi persoalan Gepeng ini.

"Bayangkan saja, jika para gepeng tersebut tidak diantisipasi dan dibiarkan, maka kota ini akan penuh dengan gepeng dan anak jalanan lainnya. Kita lihat saja perkembangan gepeng ini sudah menjamur seperti rumah makan, cafe, apalagi malam hari inikan sudah meresahkan, apalagi yang di lampu merah," katanya lagi.


Seperti yang sudah disampaikan, lanjut Marlis Khasim, Dinsos tidak hanya bisa hanya menunggu dan berharap pendanaan dari APBD Pekanbaru saja,  tetapi mencari pembiayaan penanganannya lainnya.


"Jika ada bantuan dari pusat, apa salahnya. Itu harus dilakukan atau bisa saja mengusulkan bantuan ke Pemprov Riau. Jangan seperti sekarang terkesan jalan di tempat saja," tuturnya.

Sambung Marlis Kasim, walaupun pun gepeng sudah dilakukan penertiban, dipastikan tidak akan menyelesaikan masalah, jika tidak diiringi dengan kesiapan sarana dan prasarana lainnya.(wanti)



Berita Terkait

Tulis Komentar