Bergelar Datuk  Amanah Adat

Yose Saputra  Resmi Menjadi Ketua DPH LAMR  Kota Pekanbaru

  • Kamis, 23 November 2017 - 14:21:28 WIB | Di Baca : 1360 Kali

 

 

Pekanbaru, SeRiau-

Loading...

Bergelar Datuk Amanah Adat Dt Seri Yose Saputra Resmi Menjadi Ketua Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau Kota Pekanbaru masa Bakti 2017 - 2022  setelah di kukuhkan dan ditambalkan oleh Ketua MKA LAMR, Datuk Seri H Al Azhar dan Ketua DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abu Bakar  di Kantor LAMR Provinsi Riau, Kamis ( 23/11)


Dalam acara penabalan Datuk Amanah Adat kepada Yose Saputra, maka ketua MKA LAMR Provinsi Riau, Datuk Seri Al Azhar membacakan warkah dalam pemberian gelar adat serta petuah dan Sanksi bagi penerima gelar jika melanggar adat. 


Dalam Sambutannya Dt  Amanah Adat Dt Seri Yose Saputra mengatakan bahwa Lembaga Adat Melayu adalah tempat untuk berkumpul menyatukan persepsi untuk memajukan, Mengembangkan serta Melestarikan budaya melayu dibumi bertuah ini" Lembaga adat merupakan tempat berkumpul dan menyatukan persepsi untuk mengembangkan dan melestarikan hasanah budaya melayu di bumi bertuah ini" tuturnya.

Untuk itu Menurut Dt Seri Yose Saputra diperlukan peranan semua pihak baik pemerintah maupun swasta karena tanpa itu Pengurus LAMR Kota Pekanbaru tidak dapat  berbuat apa- apa " Kami dari pengurus LAMR Kota Pekanbaru tidak akan bearti apa - apa jika pemerintah dan pihak - pihak yang ingin bersinergi dengan kami tidak ikut berperan memberikan dukungan baik moril maupun sprituil sehingga ke depan Budaya Melayu benar - benar membumi di kota bertuah ini" Tuturnya.


Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyampaikan,  Pertama kami mengucapkan selamat atas pengukuhan dan penabalan gelar adat kepada Datuk Yose Saputra selaku ketua DPH LAMR kota Pekanbaru.  

Kemudian dengan kepengurusan yang baru, hendaknya bisa dirasakan oleh masyarakat terutama dalam melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh amanah sesuai tunjuk ajar Melayu. Disamping sudah menerima gelar adat dan serta pengukuhan, maka pengurus bisa menjadi suritauladan bagi masyarakat kota Pekanbaru," ujar Ayat Cahyadi 

Disamping itu,  kita berharap pengurus LAMR kota Pekanbaru bisa bersenergi dengan visi kota Pekanbaru yakni sebagai pusat dagang dan jasa yang menuju masyarakat yang sejahtera dengan iman dan taqwa dengan menuju kota yang Smart dan Madani. Kita mengajak semua lapisan masyarakat untuk saling menjaga dan menghargai nilai-nilai budaya yang ada di Kota Pekanbaru," ujar Ayat Cahyadi. 

Datuk Seri Syahril Abu Bakar selaku Ketua DPH LAMR Provinsi Riau Dalam sambutannya menyampaikan, Pertama Kami mengucapkan takniah kepada pengurus LAMR kota Pekanbaru yang sudah Dikukuhkan serta selamat kepada DPH LAMR kota Pekanbaru Datuk Yose Saputra yang sudah menerima gelar adat.  Kedua,  Dengan kepengurusan yang baru hendaknya membuat program tentang Kebudayaan yang hampir hilang,  seperti membuat program lampu colok, membuat slogan Melayu di titik keramaian, seperti dibandara, kemudian membuat nama Jalan dengan nama jalan tokoh - tokoh Riau,  seperti Wan Ghalib dan Tenas Effendy serta datuk lainnya.  Ketiga,  Jalankan tugas ini dengan penuh amanah sesuai dengan aturan adat,"harap Syahril Abu Bakar.

Dalam acara Pengukuhan dan Penambalan nampak juga Hadir Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Noviwaldy Jusman, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST serta Bupati Pelalawan H.M Harris serta Forkompinda Provinsi Riau dan Forkompinda Kota Pekanbaru ( Can)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar