Rangkaian Acara Penambalan dan Pengukuhan

Pengurus LAMR Kota Pekanbaru Ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru Marhum Pekan

  • Jumat, 17 November 2017 - 10:28:46 WIB | Di Baca : 522 Kali

 

 


Pekanbaru, SeRiau - Sebelum pengukuhan dan penambalan Tanggal 23 November Mendatang pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kota Pekanbaru melakukan ziarah ke makam pendiri kota pekanbaru yang terletak diarea Mesjid Raya Pekanbaru, Jumat ( 17/11). Ziarah ini dipimpin langsung oleh Ketua LAMR Kota Pekanbaru Dt Yose Saputra beserta Jajaran

Loading...

Komplek makam Pendiri Kota Pekanbaru Marhum Pekan merupakan Situs  Cagar Budaya yang terdapat di Kota Pekanbaru , situs ini terletak di kelurahan kampung Bandar kecamatan Senapelan.

Komplek makam ini merupakan pemakaman keluarga Kerajaan Siak yang pernah memerintah di Kota Pekanbaru. Dulu masyarakat yang bermukim disekitar komplek makam ini lebih mengenal makam ini dengan sebutan perkuburan Mesjid Raya atau Kuburan Raja. Pada tahun 2004 makam ini dirubah namanya menjadi Komplek Makam Marhum Pekan karena ada Makam Marhum Pekan pendiri Kota Pekanbaru

Ketua LAMR Kota Pekanbaru Dt Yose Saputra kepada Seriau.com mengatakan bahwa ini merupakan rangkaian dari acara  Pengukuhan dan Penambalan pada tanggal 23 November mendatang dan hari ini kita melakukan ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru Marhum Pekan Agar kita khususnya pengurus LAMR Kota Pekanbaru tidak melupakan sejarah pendiri pekanbaru ini " hari ini kita lakukan ziarah ke makam Marhum Pekan tokoh yang meletak kan batu pertama nama kota pekanbaru yang sampai hari ini berkembang dengan pesat, disamping itu kita juga berharap agar pemimpin- pemimpin dan tokoh - tokoh kita tidak melupakan sejarah yang ada" tegasnya.

Dt Yose juga mengatakan bahwa nanti komplek makam ini akan kita perindah agar mempunyai daya tarik kepada wisatawan - wisatawan yang akan datang ke Pemakaman ini " komplek pemakanan ini akan kita perindah agar mempunyai daya tarik bagi wisatawan -wisatawan yang mau berkunjung ke pemakaman ini " ujarnya.                               

Dt Yose Saputra juga mengatakan bahwa dirinya Pengurus LAMR Kota Pekanbaru Ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru Marhum Pekan lyang belum pernah ada untuk menghormati jasa - jasa dari pendiri Pekanbaru " nanti setelah dilantik kita akan berkoordinasi dengan seluruh jajaran di Pemerintah Pekanbaru untuk membuat sebuah acara Haul Marhum Pekan yang akan kita mulai tahun 2018 mendatang agar generasi muda dan kita tidak lupa akan jasa pendiri kota bertuah ini " tuturnya. ( Can)


    
  

 




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar