Mendagri: Camat Itu Antara Ada dan Tiada....  

  • Kamis, 16 November 2017 - 18:36:10 WIB | Di Baca : 455 Kali

 


         

Pekanbaru, SeRiau- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo menegaskan perlunya regulasi baru untuk penekanan optimalisasi tugas dan fungsi Camat sebagai penyelenggara pemerintah.

Penegasan itu diuangkapkan Mendagri saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat se-Indonesia Bagian Barat, Kamis (16/11/17) di Hotel Arya Duta Pekanbaru."Saya melihat, lama-lama Camat ini antara ada dan tiada,"jelasnya yang disambut tawa ratusan Camat yang hadir.

Dia menyebutkan, saat ini justru perana kepala desa (Kades) lebih besar daripada Camat. Terlebih lagi adanya kucuran dana pembangunan pedesaan yang diberikan pemerintah.

Tjahjo mengaku, perlunya regulasi baru dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi camat ke depan sebagai perpanjang-tanganan bupati dan walikota."Misalnya, fungsi pengawasan terhadap penggunaan dana desa,"bebernya.

Oleh karena itu, dia berharap kepada para camat untuk memberikan beragam usulan kepada Kemendagri. Termasuk keluhan-keluhan yang dtemukan para camat di lapangan.

"Sampaikan saja ke Dirjen. Sehingga tahun depan ada perubahan payung hukum yang baru terkait tugas dan fungsi camat,"sebutnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, jika Pemprov Riau menghadirkan seluruh camat yang ada di kabupaten/kota. Ini sebagai wujud keseriusan Pemprov Riau mendukung Rakornas ini.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri Dalam Negeri karena telah menunjuk Provinsi Riau sebagai tuan rumah,"tutur Gubri.( nor/ rpl)



Berita Terkait

Tulis Komentar