Keren, Tari Tradisional 34 Provinsi Tampil di Pergelaran Pentas Seni SMAN 8 Pekanbaru

  • Jumat, 10 November 2017 - 13:39:18 WIB | Di Baca : 173 Kali

 

 

Pekanbaru.Seriau - Budaya ndonensia begitu beragam Ini bisa dilihat dari penampilan tari tradisional 34 provinsi yang tampil di Pergelaran Seni Tari SMAN 8 Pekanbaru, Jumat (10/11) pagi

Kepala SMAN 8 Pekanbaru Tavip Triacandra mengatakan pergelaran seni tari SMAN 8 Pekanbaru ini merupakan program setiap tahun dengan tujuan melestarikan seni tari tradisional yang ada di Indonesia. 

Kegiatan yang diikuti siswa ini menampilkan tari tradisonal yang ada di Indonesia mulai dari papua sampai aceh. Tari papua dengan tari sarjojo, lalu ada tari enggang dari Kalimantan, tari ganau dari bengkulu, tari rantau dari sumatera barat tari kreasi bali kombinasi tari sanghiang dan tari kecak. 

Lalu ada tari betawi dari DKI dan tari bemo dari jawa timur dan sumatera utara serta Riau." Ini buktinya siswa kita bisa dan mampu melestarikan seni tradisional yang ada di indonesia," kata Tavip, Jumat (10/11)

Selain mengadakan seni tari tradisional, kata Tavip, juga diadakan bazar yang merupakan implementasi dari pelajaran dari prakrya dan kewirausahaan. Bazar dari masing masing kelas X dan XI ini menjual berbagai makanan, minuman dan hasil prakarya anak." Kita ingin ciptakan dari diri siswa mental kewirausahaan agar setelah tamat bisa juga berwirausahaan," kata Tavip

Sementara itu waka humas Darmina mengatakan dalam seni tari SMAN 8 Pekanbaru ini mengambil tema

" Melestarikan Adat, Seni dan Budaya Kita Untuk Membangun Generasi Bangsa yang Bermoral" ujarnya.

Kegiatan pegelaran seni tari ini merupakan kegiatan ke dua.  Tim juri seni tari diambil dari UIR agar penilaian dapat dilakukan secara objektif.

"Dengan kegiatan ini hendaknya merajut kebudayaan nusantara dari seni tari tradisional serta meningkatkan rasa cinta kepada tanah air," kata Darmina

Sekretaris komite SMAN 8 Pekanbaru Delisis mendukung kegiatan sekolah jika betul betul bermanfaat bagi sekolah dan siswa." Kegiatan ini harus memberi manfaat bagi siswa," kata Delisis (zal)



Berita Terkait

Tulis Komentar