Wakili Sumatera

Siswa SMAN 4 Ini Lolos ke Semifinal Olimpiade Statistik Tingkat Nasional UNS

  • Kamis, 09 November 2017 - 20:15:11 WIB | Di Baca : 283 Kali

 

Pekanbaru.SeRiau - Dua siswa SMAN 4 Pekanbaru Alvira Dini Rahayu dan Renata Putri Henssa berhasil masuk semifinal di Olimpiade Statistik Tingkat Nasional yang dilaksanakan Universitas Negeri Solo (UNS). 

Dua siswa Riau yang berhasil menembus semifinal merupakan satu satunya peserta dari Sumatera.

Dini yang ditemui di sekolahnya mengatakan sebelum masuk ke semifinal olimpiade statistik, dirinya bersama putri bersaing dengan puluhan ribu siswa se Indonesia. Olimpiade statistik ini dilakukan secara online. Jumlah soal saat test sebanyak 30 soal.

Materi soal yang diujikan mengenai statistik matematika, pengetahuan dasar statistik, matrik integral dan kombinatorika." Alhamdulillah dari sekian banyak siswa yang ikut lomba olimpiade statistik, nilai kita masuk semifinal. 

Jumlah tim yang masuk semifinal hanya 40 tim se Indonesia. Masing tim hanya dua orang saya dan putri," kata Dini didampingi Putri saat bincang bincang Kamis (9/11) di Pekanbaru

Babak semifinal olimpiade statistik tingkat nasional, kata Dini, berlangsung sabtu (11/11) dan minggu (12/11) di univeristas negeri solo. 

Peserta yang masuk semifinal ini tidak lagi ujian dengan online melainkan test tertulis dengan 7 butir soal. Bahan yang diujikan tidak jauh dari statistik matematika

" Kalau sudah semifinal ini lombanya tidak lagi online tapi peserta datang langsung ke UNS. Setelah lolos semifinal baru akan memasuki babak final yang dilaksanakan minggu (12/11)," kata Dini

Sementara itu kepala SMAN 4 Pekanbatu Nurhafni. MPd rasa bangganya dengan kemampuan siswanya yang masuk semifinal olimpiade statistis tingkat nasional. Olimpiade ini merupakan olimpiade yang dilakukan secara online dan peserta dari seluruh Indonesia

" Kita patut bangga hanya 40 tim yang bisa masuk semifinal salah satunya Dini dan Putri, mudah mudahan mereka berdua bisa masuk final dan menjadi juara," kata Nurhafni yang saat ini sedang  menyelesaikan program doktornya.

Sri lindawati Ssi.MPd selaku guru pembimbing matematika mengatakan dua siswa telah mempersiapkan diri dengan mengerjakan soal yang diberikan sebelum berangjat ke universitas negeri solo." Siswa kita siap mudah mudah bisa memberikan yang terbaik bagi Riau dan SMAN 4 Pekanbaru," kata Sri (zal)



Berita Terkait

Tulis Komentar