Bupati Minta BKPRMI Kepri Harus Turut Aktif

Karimun Disebut Harus Wakili Kepri Dalam FASI Tingkat Nasional

  • Sabtu, 26 Agustus 2017 - 13:53:39 WIB | Di Baca : 255 Kali

KARIMUN, SeRiau - Kabupaten Karimun direncanakan akan mewakili Provinsi Kepri dalam ajang Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Nasional yang akan berlangsung di Palangkaraya - Kalimantan Tengah, tepatnya pada 13 September mendatang.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Ketua Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kepri, Samsudin Jakfar, saat menghadiri FASI tingkat Kabupaten Karimun ke VI yang digelar BKPRMI Kabupaten Karimun di aula Masjid Agung Kabupaten Karimun, Sabtu (26/8).

Menurutnya, bukan tanpa alasan Kabupaten Karimun dipercaya mewakli Kepri, pasalnya dari semua daerah di Kepri sementara ini hanya Karimun yang tetap aktif dan melaksanakan FASI setiap tahunnya. Jika di Kabupaten Kota lainnya belum juga melaksanakan FASI, hal itu tidak menjadi masalah, bahkan ditingkat DPW BKPRMI Provinsi Kepri pun belum juga melaksanakan FASI.

Loading...

"Tapi itu tidak jadi masalah, selagi Karimun mampu kita dorong untuk mewakili Kepri, nanti apa yang masih kurang kita tinggal ambil dari beberapa Kabupaten Kota di Kepri. Saat FASI Nasional di Bandung empat tahun lalu saya ikut, dan para peserta notabene dari Kabupaten Karimun, itu pun mengantarkan kita menduduki posisi keenam diantara 34 Provinsi se Indonesia. Maka tidak diragukan lagi untuk 13 September mendatang kalau Karimun kita utus," ucap Samsudin.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam membuka FASI Kabupaten Karimun mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan melibatkan semua TPQ, TPA dan MDA di Kabupaten Karimun yang mewakili masing-masing di 12 Kecamatan.

"Dalam perlombaan ini tentunya memotivasi anak-anak kita untuk semakin giat belajar. Selain itu juga sebagai ajang kompetisi mencetak anak berprestasi hingga tingkat nasional," harap Rafiq.

Dalam kesempatan itu Rafiq pun mengharapkan agar BKPRMI Provinsi Kepri untuk aktif sebagaimana BKPRMI Kabupaten Karimun yang telah melaksanakan enam tahun berturut-turut. Keaktifan pengurus di Provinsi tentunya menjadi acuan dari Kabupaten Kota di Kepri, sehingga dapat bersama-sama memajukan BPKRMI.

Panitia pelaksana, Muhammad Yatim mengatakan, FASI Kabupaten Karimun diikuti 206 peserta, yang hanya diikuti oleh delapan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, dengan rincian Kecamatan Tebing 35 peserta, Kecamatan Meral 53 peserta, Kecamatan Meral Barat 29 peserta, Kecamatan Buru 19 peserta, Kecamatan Moro 15 peserta, Kecamatan Kundur Barat 29 peserta, Kecamatan Ungar 16 peserta dan Kecamaan Durai 10 peserta.

"Empat Kecamatan lagi yakni Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Belat dan Kecamatan Karimun yang tidak mengikutsertakan pesertanya karena masih belum sanggup melakukan seleksi peserta. Apa lagi di Kecamatan Kundur adal lebih dari 60 TPA dan TPQ yang harus diseleksi anak-anak berpotensi. Sehingga mereka lebih memilih tidak mengikutsertakan anak-anaknya di empat kecamatan itu," ucap Yatim.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari berakhir pada Minggu siang (27/8), dengan memperlombakan berbagaimacam cabang seperti cerdas cermat Al Quran, nasyid islami, cerita islami, tartil, ceramah dan banyak lagi.(*)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar