HUT Pramuka k 56

Pramuka Tolak Berita Hoax di Era Digital

  • Senin, 14 Agustus 2017 - 13:11:34 WIB | Di Baca : 1902 Kali

KARIMUN, SeRiau - Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak semua unsur pramuka untuk menolak segala berita palsu atau hoax. Ajakan itu disampaikan saat upacara HUT Pramuka ke 56 di Lapangan Coastal Area, Senin (14/8).

"Pramuka menolak berita palsu atau hoax. Pramuka tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. Selain memberitakan informasi di media sosial. Pramuka juga merespon dan menolong di tempat. Inilah spirit baru gerakan pramuka di era digital. Dimana keberadaan gerakan pramuka baik di media sosial maupun di dunia nyata harus lebih terasa kehadirannya. Bukan sekedar untuk dirinya, tapi juga untuk masyarakat yang lebih luas," ajak Rafiq saat bertindak sebagai inspektur upacara.

Pramuka kata Rafiq, tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter, melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Utamanya adalah menyiapkan generasi yang handal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsa.

"Bapak Presiden RI selaku ketua Mabinas Gerakan Pramuka mengingatkan kita untuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial. Alhamdulillah kami telah merespon dengan cepat. Saat ini, gerakan pramuka memiliki tagline yaitu “setiap pramuka adalah kantor berita”, yang harus lebih aktif, produktif, dan kreatif dalam menyuarakan atau menggambarkan keadaan di sekitarnya," jelas Rafiq.

Kata Rafiq, gerakan pramuka yang telah mencapai usia 56 tahun ini merupakan waktu yang tidak pendek. Untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia, sampai saat ini semangat tidak pernah pudar, kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi kaum muda dan bangsa indonesia. Dalam gerakan pramuka inilah tidak adanya sekat-sekat politik, daerah, agama, dan terlebur menjadi kebhinekaan yang indah.

"Untuk itu, saya menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru agar tidak ragu-ragu dalam memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya, untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugusdepan masing-masing," imbuhnya.

Kepada pemerintah, Rafiq berharap agar gerakan pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasikan visi-misinya, khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum muda Indonesia. Sebab, dia mengaku sangat yakin bahwa pramuka adalah garda terdepan bangsa, garda terdepan Pancasila yang merupakan aset penting bagi keutuhan NKRI.(*)





Berita Terkait

Tulis Komentar