Bupati Segera Letakkan Batu Pertama

Pembangunan Islamic Centre Tanjungbatu Telan Anggaran Rp20 M

  • Rabu, 15 Maret 2017 - 16:27:52 WIB | Di Baca : 27 Kali

KARIMUN, SeRiau - Pembangunan Islamic Centre untuk masyarakat se Pulau Kundur yang lokasinya dipusatkan di Kecamatan Kundur Kelurahan Tanjungbatu Kota akan menelan anggaran senilai Rp20 Miliar lebih. Namun untuk tahap awalnya akan dibangun berupa masjid besar, yang anggarannya mencapai Rp12 Miliar sampai Rp16 Miliar.


Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan DED Islamic Centre Tanjungbatu, dengan proses pembangunan secara bertahap dan akan memakan waktu paling lama sekitar tiga atau empat tahun masa pengerjaan.


"Pembangunan tahap awal akan kita dirikan Masjid dulu, dengan nilai proyek sekitar Rp12 Miliar lebih. Sedangkan luas lahan keseluruhan sekitar dua hektare yang berlokasi di Paya Togok Kelurahan Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur," ucap Rafiq, baru-baru ini.


Sedangkan fasilitas yang akan disediakan pada Islamic Centere Tanjungbatu itu nantinya terdapat tempat ibadah atau Masjid, balai pertemuan haji, rumah tahfiz, manasik haji, perkantoran ormas-oramas Islam.


Keberadaan Islamic Centre itu nantinya kata Rafiq akan menjadi ikon dari Pulau Kundur, apa lagi letaknya persis berada di pinggir laut. Sehingga dengan mudah dilihat oleh penumpang kapal dari yang baru tiba di Tanjungbatu atau yang akan berangkat.


"Anggarannya dari APBD Kabupaten Karimun. Proyek ini harus selesai sebelum masa kepemimpinan saya sebagai Bupati berakhir dan akan saya tuntaskan dulu," tambahnya.


Sementara motivasi Rafiq membangun Islamic Centre di Kundur karena melihat selama ini dikampung halamannya itu belum pernah ada masjid yang dibangun oleh pemerintah. Sedangkan di Karimun sudah ada dua masjid yang didanai dari APBD Kabupaten yakni Masjid Agung di Jalan Poros dan Masjid Baiturrahman di Kelurahan Teluk Air Kecamtan Karimun.


"Selain sebagai ikon Tanjungbatu, mudah-mudahan bisa jadi objek wisata religi. Kita dukung lah sama-sama agar dalam empat tahun bisa kita selesaikan," harap Rafiq.


Untuk mengawali pembangunan ikon masyarakat Tanjungbatu itu, rencananya Rafiq pun akan melakukan peletakan batu pertama Islamic Centre Tanjungbatu pada pekan depan. Hal itu pun telah dipersiapkan oleh Camat Kundur dalam meninjau persiapan lahan dengan melakukan pemangkasan rumput.(*)



Berita Terkait

Tulis Komentar