Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Laksanakan Patroli Karhutla Bersama Tim Terpadu


SeRiau - Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr Sertu Suyadi bersama Tim Terpadu Posko Desa Mentulik melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Minggu (5/7/2020). 

Patroli diikuti oleh tim yabg terdiri dari Sertu Suyadi, Aiptu Indra, Dasril dari Manggala Agni serta Bambang dari Masyarakat Peduli Api (MPA). Diharapkan, dengan patroli dapat mencegah terjadinya kebai hutan dan lahan.

Kegiatan patroli untuk memantau hutan dan lahan perkebunan milik warga di Desa Mentulik, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar.

Danramil 05/ Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr Mayor Arh Gunawan, mengatakan bahwa patroli Karhutla ini dilaksanakan secara rutin oleh Babinsa. Dengan tujuan untuk memantau titik api dan mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. 

"Kali ini, patroli secara terpadu yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0313/ Kpr bersama instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kampar," ujar Mayor Arh Gunawan.

Selain itu, pihaknya juga mengajak masayarakat agar dapat berperan aktif untuk mencegah Karhutla. Dikatakannya, bahwa sasaran patroli yang dilakukannya adalah lahan perkebunan dan pertanian masayarakat yang dianggap rawan kebakaran.

"Oleh karena itu, kita mengimbau masayarakat agar tidak membakar lahannya secara sembarangan. Karena sanksi bagi pelaku pembakar hutan adalah pidana," tegasnya. (**H)