Beli APD, Gaji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dipotong


SeRiau - Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi, S.Si ikhlas gajinya dipotong selama tiga bulan ke depan. Sebagian gaji pasangan kepala daerah ini disumbangkan untuk membeli alat pelindung diri (APD) petugas medis yang menangani pandemi virus corona.
 
Demikian disampaikan Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Azwan di lapangan Mal Pelayanan Publik (MPP), Sabtu (11/4/2020). Ia mengatakan, ia diminta wali kota untuk mengkoordinir donasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan Badan Umum Milik Daerah (BUMD) Peduli. Donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp85 juta.


 
"Donasi ini termasuk sumbangan wali kota potong gaji tiga bulan dan wakil wali kota. Dari donasi ini, kami akan membelikan untuk 250 buah APD," ujarnya.
 
Sejauh ini, APD yang sudah selesai 30 buah. APD ini diserahkan kepada Ketua Logistik El Syabrina.
 
Selanjutnya, APD ini akan diserahkan kepada petugas kesehatan. Selain APD, hal lain yang dibutuhkan adalah masker, hand sanitizer, sarung tangan serta vitamin.
 
"Saya ingin tegaskan bahwa donasi ini sumbangan suka rela dari ASN," ucap Azwan.
 
Muncul ide donasi ini karena melihat para petugas medis yang menangani virus corona ini tidak dilindungi dengan APD saat mendata Orang Dalam Pemantauan (ODP).
 
"Maka, wali kota memerintahkan agar kita peduli dengan petugas kesehatan," ujar Azwan.(adv)