Pemko Pekanbaru Salurkan Bantuan Pangan Lanjutan Kepada 30 Ribu KK


SeRiau - Pada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menyalurkan bantuan pangan kepada warga yang terdampak Covid-19. Penyaluran bantuan tahap II ini akan diberikan kepada 30.000 Kepala Keluarga (KK).

Pendistribusian bantuan pangan lanjutan itu dilepas langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, yang turut didampingi Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, dan bersama Forkopimda, di Halaman MPP Pekanbaru, Sabtu (9/5/2020).

Bantuan pangan yang diberikan, berupa paket sembako terdiri dari beras sebanyak 5 Kilogram, mie instan 1 karton, ikan sarden 6 kaleng, dan minyak goreng kemasan 2 liter.

Pada penyaluran bantuan awal tahap II ini, pihaknya mendistribusikan sekitar 2 ribu paket kepada 2 kecamatan.

"Pagi ini kita mulai pendistribusian pangan lanjutan. Kita lepas pagi ini untuk didistribusikan di 2 kecamatan yang jumlahnya sekitar 2 ribu paket sembako," ujar Firdaus.

Pendistribusian bantuan itu dimulai dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Limapuluh dan Kecamatan Sukajadi, yang dinilai lebih dekat dari pusat pendistribusian.

Wali Kota Pekanbaru itu mengatakan, terkait data penerima bantuan pangan dari pemerintah kota ini, Ia mengaku sudah tidak ada lagi simpang siur. "Semuanya sudah sama persepsi sehingga pendistribusian 30.000 paket sembako ini diharapkan dapat rampung secepatnya," katanya.

Bantuan tahap awal telah disalurkan dan diterima oleh 15.625 KK. Ditambah bantuan pangan lanjutan sebanyak 30.000 KK. Hingga total bantuan pangan dari pemerintah kota diberikan kepada 45.625 KK.

"Bantuan ini untuk klaster 4, yaitu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat covid-19. Karena sudah ada pengelompokan bantuan nya, klaster 1 masyarakat penerima PKH dan BPNT dari pusat, klaster 2 masyarakat penerima BPNT, klaster 3 masyarakat penerima BLT covid dari Pusat," jelasnya.

Kalau bantuan pangan pertama beras dibantu pemerintah pusat sebanyak 100 Ton dan lauk pauk dari APBD Pemko Pekanbaru, Firdaus mengatakan, bantuan pangan lanjutan ini murni bersumber dari dana APBD Pemko Pekanbaru. (**H)