UN SMA/SMK Ditiadakan, Guntur: Ujian Sekolah Tentukan Kelulusan Siswa


 

Seriau,- Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid 19 salah satunya poin membatalkan Ujian Nasional SMA/SMK sederajat tahun 2020 ini. Sebagai penganti UN, maka Ujian Sekolah dijadikan penentu kelulusan siswa.

" UN resmi dibatalkan dengan di keluarkan Surat Edaran dari Kemendikbud. Sebagai penganti UN, maka Ujian Sekolah dijadikan  penentu kelulusan siswa. Sekolah harus bisa melaksanakan apa yang tertuang dala Surat Edaran tersebut dan Disdik Riau sudah mengirimkan SE tersebut ke MKKS SMA/ SMK se Provinsi Riau," kata Ketua UN SMA dan SMK Disdik Riau Guntur. MPd, Selasa (24/3) kemarin di Pekanbaru.

Dalam Surat Edaran Mendikbud, kata Guntur, dijelaskan bahwa Ujian Sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan kecuali setelah dilaksanakan sebelum di terbitkan Surat Edaran ini. Ujian Sekolah bisa dilakukan dengan portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring dan atau bentuk asasmen jarak jauh lainnya. Selanjutnya, Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. Terakhir, sekolah yang sudah melaksanakan Ujian Sekolah dapat mengunakan nilai Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Bagi sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah berlaku ketentuan yakni kelulusan SMA sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 12 dapat digunakan sebagai  tambahan nilai kelulusan. 

Sedangkan, kelulusan SMK ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktek kerja lapangan, portofolio, nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan." Jadi SE Mendikbud sudah sangat jelas mengatur tentang pelaksanaan Ujian Sekolah yang menentukan kelulusan siswa," kata Guntur.(zal)