Atlet Dayung Riau Penyumbang 4 Medali Emas di SEA Games Tiba di Pekanbaru

  • by Redaksi
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 19:21:37 WIB

SeRiau - Tiga atlet dayung Riau yang memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2019, Manila, Filipina, tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Selasa (24/12) sore.

Tiga atlet Tim Nasional (Timnas) Indonesia Cabang Olahraga (Cabor) Dayung perwakilan Riau disambut oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau, KONI Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), PODSI Kuansing, dan Pemerintah Daerah (Pemda) Riau.

Sekretaris Umum KONI Riau Deni Ermanto didampingi Sekum Pengprov PODSI Riau Amrizal mengatakan, tiga atlet dayung perwakilan Riau yang dijemput yakni Maizir Riyondra, Rio Akbar dan Raudani Fitra.

Maizir Riyondra berhasil meraih 3 medali emas di nomor Kayak Single 1000 meter, Kayak Single 500 meter dan Dragon Boat 1000 meter. Kemudian Rio Akbar berhasil bawa pulang 2 emas turun di nomor Dragon Boat 1000 dan Dragon Boat 500 meter.

"Kemudian Raudani Fitra berhasil meraih dua medali emas di nomor Dragon Boat. Jadi, total 4 medali emas yang disumbangkan atlet dayung Riau di SEA Games 2019," kata Deni

Selain emas, dua medali perak juga didapat oleh Maizir Riyondra, Rio Akbar. Kemudian Dayung Riau juga berhasil meraih dua medali emas dan empat perak di Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Kerawang, Jawa Barat (Jabar) belum lama ini.

Ajang Internasional dan Kejurnas itu mengantarkan 18 atlet dayung Riau lolos PON 2020 di Papua dengan 14 nomor yang dipertandingkan.

Pelatih Dayung Riau Eka Octarorianus mengatakan, bila dibandingkan Provinsi lain. Riau terbanyak mengirimkan atlet dayung memperkuat Indonesia pada ajang SEA Games ke 30 di Manila, Filipina.

"Alhamdulillah kita kirim tiga atlet dayung untuk Indonesia di SEA Games, Manila. Tiga atlet semuanya meraih medali emas," kata Eka.

Ia menambahkan, Maizir Riyondra satu-satunya atlet dayung di Indonesia yang turun di nomor Kayak Satu 1000 meter.

"Thailand, Myanmar masih menjadi lawan terberat Indonesia termasuk Singapura," sebutnya.

Ia berharap, para atlet yang belum bisa mengikuti SEA Games bisa termotivasi atas  prestasi yang diraih rekannya. Setelah ini pihaknya akan latihan rutin untuk persiapan PON 2020 yang tinggal delapan bulan lagi.

"Alhamdulillah saya berhasil meraih 3 medali emas dari nomor Kayak Satu dan Dragon Boat dan 1 perak saya dapat di nomor 200 meter 22 mix Dragon Boat," ujar Maizir Riyondra, atlet dayung Riau. (**H)