Ketua MPR Dorong Menteri BUMN Pidanakan Eks Dirut Garuda

  • by Redaksi
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 11:40:07 WIB

 


SeRiau - Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Menteri BUMN Erick Thohir untuk memidanakan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara terkait kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

"Saya minta kepada saudara Erick Thohir, disamping melakukan pemecatan juga memproses kasus ini ke meja hijau," ujar Bamsoet di Jakarta Utara, Sabtu (7/12) seperti dilansir Antara.

Bamsoet menjelaskan terkait dengan perilaku dan tindakan mantan Dirut Garuda, bagi perwakilan rakyat dan masyarakat di Indonesia tidak cukup dengan pemecatan, tetapi harus dituntaskan pidananya.

"Karena penyeludupan itu adalah pidana dan unsur itu tidak boleh dilepas," kata Bamsoet.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara terkait kasus sepeda Brompton dan motor Harley yang ditemukan di dalam pesawat baru Garuda Airbus A330-900 oleh Bea Cukai.

Terpisah, Polda Metro Jaya hingga Jumat (6/12) belum menangani kasus penyelundupan Harley Davidson yang menyeret Ari Ashkara itu.

"Kasus ini masih ditangani oleh teman-teman bea cukai dari unit penindakan, kita tunggu saja nanti, kita akan koordinasi ke sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Dalam kasus ini, Dewan Komisaris Garuda Indonesia telah memutuskan untuk memberhentikan sementara waktu seluruh direksi yang terlibat baik langsung maupun tidak dalam penyelundupan Harley Davidson dan Brompton tersebut.

"Akan memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi, terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton dalam penerbangan Garuda Indonesia GA9721 jenis airbus A30900 Neo yang datang dari pabrik airbus Prancis," kata Dewan Komisaris Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol kepada awak media di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (7/12).

Meski begitu, Sahal enggan membeberkan siapa saja direksi Garuda Indonesia yang dinonaktifkan sementara oleh Dewan Komisaris.

Sementara itu terkait penyelundupan Harley Davidson, Ari Askhara sendiri telah diputuskan Erick untuk dipecat dari posisinya sebagai Dirut Garuda Indonesia.

 

 

Sumber CNN Indonesia