Meriahkan HUT Polairud ke-69, Kapolda Riau Ingin Dragon Boat Jadi Agenda Tahunan

  • by Redaksi
  • Sabtu, 30 November 2019 - 17:04:44 WIB
Kejuaraan Dragon Boat Piala Kapolda Riau 2019, di Sungai Siak Pekanbaru, Sabtu (30/11/2019)

SeRiau - Kejuaraan Dragon Boat yang memperebutkan Piala Kapolda Cup 2019 resmi digelar. Sebanyak 36 tim adu cepat di lintasan Sungai Jantan atau Sungai Siak Pekanbaru.

Kejuaraan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud yang ke-69 tersebut, dibuka langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agunf Setya Imam Effendi bersama Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau, Mursini. Dalam pembukaan tersebut turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Dalam pembukaannya, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa kejuaraan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Polairud yang ke-69 tahun.

Ini adalah Dragon Boat Kapolda Cup yang pertama. Kita ingin ambil poin bahwa Polairud juga menjadi bagian dari masyarakat Riau dalam memeriahkan Sungai Siak.

"Hari ini ada lomba dragon boat dari Jembatan Sungai Siak I hingga Jembatan Sungai Siak III dengan jarak 250 meter yang diikuti oleh 36 peserta," kata Irjen Pol Agung, Sabtu (30/11/2019).

"Peserta yang datang Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, kemudian dari Provinsi Sumatera Barat dan bahkan dari Johor, Malaysia. Kita lihat tadi Johor sangat luar biasa dan mengalahkan tim lainnya," ungkapnya.

Disamping kejuaraan dragon boat, pihaknya juga mengadakan festival musik dari berbagai komunitas, dan pesta rakyat yang dilaksanakan di halaman Rumah Singgah Tuan Kadi. "Ini semua kita selengggarakan di sekitar Sungai Siak," imbuhnya.

"Di HUT Polairud yang ke-69 ini, kita berharap Polairud bisa melayani masyarakat, dan kita juga berharap agar masyarakat juga merasakan masnfaatnya," harapnya.

Ia juga mengatakan akan melaksanakan iven ini setiap tahunnya, dan menjadi iven menjadi agenda rutin setiap tahunnya di HUT Polairud.

Sementara itu, Ketua PODSI Riau, Mursini sangat mendukung penuh atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Polairud. Menurutnya, ini sangat membantu dan meningkatkan spirit dari atlet-atlet dayung Riau.

"Dalam hal ini, atlet-atlet Kabupaten/kota hampir semuanta ikut dalam kejuaraan dragon boat ini. Dengan adanya Kapolda Cup ini, bisa menambah kemampuan atlet-atlet kita," kata Mursini.

"Disamping menambah kemampuan atlet-atlet kita, kita juga berharap dengan adanya kejuaraan ini dapat memunculkan bibit-bibit atlet baru di Riau ini," harapnya. (**H)