Sepatu Bot Milik Napoleon Bonaparte Akan Dilelang di Prancis

  • by Redaksi
  • Jumat, 29 November 2019 - 05:10:35 WIB

SeRiau - Sebuah rumah lelang Drouot yang berada di Paris, Prancis, akan melelang sepasang sepatu bot yang disebut milik Kaisar ternama Prancis, Napoleon Bonaparte, pada Jumat (29/11) waktu setempat. 

Drouot memperkirakan sepatu Napoleon itu akan terjual di angka 80.000 Euro atau sekitar Rp 1,23 miliar. 

Sepatu bot itu, menurut pernyataan Drouot, pernah dipakai Napoleon selama pengasingan terakhirnya di Saint Helena, sebuah pulau di Samudra Atlantik, setelah kekalahannya dalam perang di Waterloo.

"Sulit untuk memisahkan sepatu bot ini dari citra yang kami miliki tentang Napoleon," kata juru lelang, Alexandre Giquello, pada Kamis (28/11) waktu setempat seperti dilansir Reuters. 

Menurut rumah lelang itu, setelah kematian Napoleon pada tahun 1821, sepatu bot itu dimiliki oleh temannya, Grand Marshal Bertrand.

Sepatu bot itu kemudian diberikan Bertrand kepada pemahat Carlo Marochetti untuk digunakan sebagai model patung Napoleon mengendarai kuda.

Selanjutnya putra Marochetti memberikan sepatu bot itu kepada senator Prancis awal abad ke-20, Paul le Roux. Keluarga Roux memiliki sepatu itu hingga akhirnya dilelang pada Jumat ini. (**H)


Sumber: kumparan.com