Terjaring OTT, Bupati Lampung Utara Dibawa ke Jakarta

  • by Redaksi
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 04:56:46 WIB

 

SeRiau - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membawa para pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung, ke Jakarta pada Senin (7/10). Mereka yang terjaring OTT ini, yakni Bupati Lampung Utara an Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dan tiga orang lainnya.

"Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok (Senin) ke Jakarta," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief saat dikonfirmasi.

Mereka dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut di markas lembaga antirasuah. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status para pihak yang terjaring, apakah naik ke penyidikan menjadi tersangka, atau sebatas saksi.

"Sebagaimana hukum acara yang berlaku, maka KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut. Dalam waktu paling lama 24 jam akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan," ujarnya.

Laode menambahkan, pihaknya akan menggelar konferensi pers terkait penanganan perkara OTT ini pada Senin ini.

"Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK besok Senin," ujar dia.

Dalam OTT itu, sejumlah barang bukti turut diamankan, salah satunya uang yang belum diketahui berapa jumlahnya. Menurut Laode, uang itu diduga diperuntukkan untuk Agung selaku kepala daerah.

"Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara," ucapnya. 

 

 

 

 


Sumber CNN Indonesia