Fadli Zon: Museum DPR RI Objek Vital Perjalanan Parlemen Indonesia

  • by Redaksi
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 19:02:26 WIB

SeRiau - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon menegaskan akan terus berjuang untuk mengembangkan Museum DPR RI. Pasalnya, Museum DPR RI merupakan objek vital yang merekam perjalanan Parlemen Indonesia.

“Ini adalah satu hal yang penting mengingat Museum DPR RI telah memasuki usia yang ke-28 pada 16 Agustus 2019,” tutur Fadli sesuai rilis yang Kompas.com terima, Senin (19/8/2019).

Fadli Zon pun mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Museum DPR RI untuk pertama kalinya yang diadakan bersama dengan perwakilan 20 Museum lain yang ada di Indonesia.

Menurut Fadli, hal tersebut adalah langkah yang sangat baik terutama bagi Museum DPR RI untuk dapat saling menjalin komunikasi dengan berbagai museum.

Politisi Partai Gerindra ini berharap dengan adanya berbagai pameran museum yang diselenggarakan ini mampu menumbuhkan kesadaran baru bagi masyarakat luas bahwa museum bukanlah sebuah akhir dari perkoleksian.

Namun, justru sebagai artefak hidup yang menjadi bagian dari perjalanan peradaban ke depan untuk membangun jat idiri bangsa.

Fadli mengungkapkan, ke depan ia akan turut mendukung kemajuan permuseuman Indonesia. Dukungan itu akan diwujudkan dengan menciptakan sebuah payung hukum yaitu Undang-Undang (UU) tentang museum.

“Bisa dengan UU tersendiri atau digabung dengan UU Cagar Budaya sebagai bagian upaya kita di dalam memajukan kebudayaan kita yang sejalan dengan UU Pemajuan Kebudayaan,” tutup Fadli. (**H)


Sumber: KOMPAS.com