M Zaenal Muttaqin Dosen UIR Wakili Riau di Pertukaran Dosen dan Laboran di NCU, Taiwan


 

SeRiau - Muchammad Zaenal Muttaqin ST.MSc, dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Riau menjadi salah dari enam peserta lainnya yang akan mengikuti Short Term Program For Laboratorium 2019 di National Central University (NCU), Taiwan. Program ini berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 1 Juli hingga 14 Juli di NCU, Taiwan.

Dekan Fakultas Teknik UIR Ir. H. Abdul Kudus Zaini. MT.MS.Tr mengaku bangga dengan terpilihnya salah satu dosen FT UIR, Zaenal Muttaqin untuk mengikuti Short Term Program For Laboratorium 2019 di National Central University (NCU) Taiwan. Program ini merupakan salah satu program tahunan NCU, Taiwan untuk seluruh dosen dan laboran khusus di wilayah ASEAN. Dalam program ini ada 6 orang akan mewakili Indonesia. Fokus dari kegiatan ini, kata Kudus, mahasiswa akan mampu meningkatkan kemampuan terutama dalam penelitian ilmiah laboratorium dan pengetahuan manajerial laboratorium. Hal ini dapat bermanfaat guna meningkatkan peran serta laboratorium dalam pemecahan masalah yang ada di dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya.

" Kami berharap kegiatan ini akan mampu meningkatkan peran serta UIR dalam aktivitas di ranah internasional dan bermanfaat bagi mahasiswa guna pengembangan penelitian dan membawa nama baik UIR ditingkat internasional sebagai universitas yang unggul di Indonesia, ASEAN maupun di dunia," kata Abdul Kudus, Kamis (13/6) di Pekanbaru.

Dengan program ini juga, kata Abdul Kudus, bisa meningkatkan keterampilan dosen dan laboran UIR dalam penelitian berbasis laboratorium, sebagai proses pengembangan penelitian ilmiah yang dapat bersaing di kancah internasional." Ya kita dari fakuktas selalu mendukung bagi dosen yang mampu merebut pelatihan, workshop berskala internasional, baik yang di adakan di universitas di Indonesia maupun universitas di luar negeri, ya salah satunya NCU, Taiwan ini," kata salah satu anak pendiri UIR ini. 

Sementara itu Muchammad Zaenal Muttaqin yang juga Kepala Laboratorium Teknik Sipil UIR ini sangat siap mengikuti Short Term Program For Laboratorium 2019 di National Central University (NCU) Taiwan. Rangkaian kegiatan pada program tersebut yakni difokuskan pada proses pengembangan penelitian dan manajemen  laboratorium. Adapun laboratorium yang akan dijadikan projek dalam program ini adalah seluruh bagian laboratorium teknik sipil di lingkungan NCU, Taiwan." Alhamdulillah saya terpilih bersama lima peserta lainya mengikuti studi laboratorium di NCU Taiwan," kata Zaenal Muttaqin, Kamis (13/6)

Sebelumnya, kata Muttaqin, program ini hanya diikuti oleh pelamar pilihan yang telah lulus nominasi dan telah memenuhi seluruh persyaratan dari pihak NCU,Taiwan." Jadi banyak syarat yang harus dilalui agar bisa terpilih mengikuti program studi laboratorium ini," kata Muttaqin (zal)