Punya Rp352 Triliun, Miliarder Terkaya Jepang Berambisi Jadikan Uniqlo Terbesar di Dunia


 

 

SeRiau - Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Jepang tahun ini. Tadashi Yanai juaranya dengan melangkahi kekayaan bos Softbank Masayoshi Son.

Tadashi Yanai menjadi orang terkaya di Jepang dengan kekayaan mencapai USD24,9 miliar atau setara Rp352,4 triliun (kurs Rp14.155 per USD). Bos Uniqlo ini mencatatkan penambahan kekayaan terbesar tahun ini. Hartanya bertambah sebanyak USD5,6 miliar atau Rp79,2 triliun.

Sementara, Son menduduki peringkat kedua daftar orang terkaya di Jepang dengan kekayaan USD24 miliar atau setara Rp339,7 triliun. Demikian seperti dilansir Forbes, Kamis (11/4/2019).

Yanai kini berusia 70 tahun dan memiliki dua orang anak. Yanai membangun dan menjalankan kerajaan pakaian ritel terdaftar yang dinamai Fast Retailing, induk dari Uniqlo. Dia dan keluarganya memiliki 44% saham.

Fast Retailing juga memiliki dua ritel lainnya yakni J Brand dan Theory. Yanai mengandalkan bisnis di China dan Thailand untuk kawasan Asia dalam memasarkan Uniqlo.

Yanai memang mengesampingkan tujuannya pada 2012 untuk membuka 1.000 toko Uniqlo di AS. Tapi Uniqlo hanya membuka 47 toko di AS.

Yanai ingin perusahaannya menjadi peritel pakaian terbesar di dunia, yang berarti harus melampaui H&M dan Inditex (induk dari Zara).

 

 

 

 


Sumber Okezone