Masa Kampanye Pilpres dan Pileg, Tamu Banyak Berkunjung ke Riau


 

SeRiau - Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies / ASITA Riau, Dede Firmansyah mengatakan sejak Januari hingga Maret 2019, jumlah wisatawan yang datang ke Riau khususnya Pekanbaru tetap ramai. Padahal, saat ini harga tiket pesawat masih tergolong tinggi.Okupansi hotel mengalami peningkatan sejak Januari hingga Maret ini. 

"Iya, memang musim kampanye ini cukup berpengaruh terhadap okupansi atau tingkat keterisian hotel di Pekanbaru dan Riau pada umumnya. Karena memang beberapa kali Riau di datangi tokoh-tokoh politik bahkan Capres ataupun Cawapres. Seperti kemarin bang Sandi sudah 3 kali datang, Pak Prabowo ataupun pak Jokowi pada kemarin di Dumai, jadi ini sangat berpengaruh," kata Dede, Kamis (28/3) di Pekanbaru

Dikatakan Dede, kedatangan Sandiaga Uno, Prabowo ataupun Jokowi memberikan magnet tersendiri bagi masyarakat di Riau, baik ke Pekanbaru, ke Dumai ataupun kota-kota di Provinsi Riau. "Ya, tentu ini bagus, karena beberapa, partai politik, relawan pendukung ataupun tim sukses capres dan cawapres sering mengadakan kegiatan di hotel, ini berdampak bagi dunia perhotelan," sebut Dede 

Selain musim kampanye, kata Dedr,  awal Maret lalu, Kota Pekanbaru mengadakan Event Nasional HUT Damkar 100 tahun, HUT Satpol PP 69 tahun dan HUT Linmas 57 tahun event bersamaan ini menjadi semaraknya Perekonomian di Riau khususnya, begitu juga kebijakan Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar beberapa event setiap malam sabtu dan malam ahad FestNight Pekanbaru. juga menjadi salah satu faktor mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Pekanbaru."Misalnya FestNight yang diadakan di akhir pekan, banyak memancing animo masyarakat diluar Pekanbaru untuk datang. Mereka yang datang dari luar Pekanbaru sebagian besar memilih menginap di hotel, dampaknya perputaran uang juga cukup bagus," jelas Dede.

Diajang Festnight ini, banyak ditampilkan produk-produk UMKM dan industri kreatif. Event ini juga untuk menyerap animo kalangan milenial untuk berani mencoba mengembangkan kemampuan dan bakat dibidang industri kreatif. "Disana juga ada bazar," tambah Dede.

Lalu tidak hanya masyarakat Riau, setiap akhir pekan, Kota Pekanbaru juga banyak ditemukan wisatawan asal Sumetara Barat."Rata-rata wisatawan asal Sumatera Barat ini menghabiskan akhir pekannya di Mall dengan berbelanja. Karena Pekanbaru memang banyak pusat perbelanjaan dengan berbagai pilihan. Makanya akhir pekan kita sangat mudah menemukan mobil plat BA di jalanan Pekanbaru," ucap Dede.

Karena itu, Dede menyarankan agar pemerintahan di Riau memperbanyak event untuk meningkatan wisatawan datangm." Saran kita ya perbanyak event seperti Pekanbaru ini. Karena memang dampaknya langsung. Walaupun harga tiket mahal, masih banyak juga yang membelinya," kata Dede. (Rls)