Beredar Rekaman Kokpit Lion Air JT-610, KNKT: Hanya Kami yang Punya!


 


SeRiau - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menjamin bahwa data Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berada di dalam kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT-610 tidak akan tersebar.

Saat ini kata dia, rekaman aslinya hanya ada pada server KNKT. Dia menegaskan bahwa server itu tidak terhubung dengan internet dan perangkat lainnya yang rawan bocor.

“Data CVR ada di server kami, yang servernya adalah stand alone. Tidak berhubungan dengan internet dan tidak berhubungan dengan yang lain,” kata Soerjanto di Gedung KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

“Sehingga kita hanya bisa membuka ketika kita akan melakukan evaluasi dan Boeing tidak punya, FBI tidak punya. Pihak tertentu yang ini, kami tidak memberikan pada Boeing dan FBI. Jadi, yang punya data itu hanya kami KNKT,” tuturnya lagi.

Meski Amerika Serikat (AS) sebagai negara pembuat pesawat berhak terlibat dalam investigasi dari kecelakaan tersebut, namun KNKT memastikan jika pihak otoritas negeri Paman Sam itu tidak memilikinya.

Oleh karenanya, tim AS yang terdiri dari National Transpotation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat, Federal Aviation Federation (FAA) dan Boeing hanya diperbolehkan mendengarkan isi rekaman tanpa berhak memiliki data dan transkrip.

“Undang-undang Indonesia melarang untuk mempublikasikan data termasuk data rekaman CVR. Sementara di Amerika ada Undang-undang freedom off information yang mana mereka tidak bisa menahan itu apabila mereka memiliki,” kata dia.

“Sehingga kesepakan bersama waktu itu adalah tim Amerika yaitu NTSB, FAA dan Boeing, mereka pernah mendengarkan CVR, pernah membaca trankrip termasuk terjemahannya, tetapi mereka tidak memiliki data baik transkrip maupun voicedari CVR-nya,” ujar Soerjanto menandaskan.

 

 

Sumber Okezone