Ini Penyebab Air Laut di Bawah Jembatan Suramadu Beda Warna Seperti Terbelah



SeRiau - Masyarakat yang melintas di atas Jembatan Suramadu dikejutkan dengan fenomena air laut beda warna, yakni hitam dan bening. Perbedaan warna itu membuat air laut seperti terbelah. Video yang menangkap kejadian ini pun viral setelah menyebar luas di akun media sosial.

Banyak masyarakat yang mengabadikan momen tersebut lewat ponselnya. Mereka rela berhenti dari motor yang ditumpangi di bentang tengah Jembatan Suramadu.

Namun fenomena air laut beda warna seakan terbelah itu rupanya sudah biasa terjadi. Hal tersebut seperti yang disampaikan Kasubdiv Humas Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS), Faisal Yasir Arifin.

"Fenomena ini terjadi karena pertemuan dua jenis massa air dari sisi timur dan barat Madura yang densitasnya berbeda antara suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya. Kemudian tidak bisa menyatu seperti air terbelah yang terjadi saat ini. Ini biasa terjadi," kata Coi, sapaan akrabnya, Rabu (20/3/2019).

Menurut Coi, ketika air laut surut, air dari muara sungai dipompa menuju ke laut. Pertemuan arus keduanya membentuk buih-buih batas.

Fenomena tersebut terlihat lebih memanjang hingga ke Sampang, Madura, yang jaraknya sekitar 50 sampai 60 KM dari Suramadu.

 


Sumber Okezone